Fakta Unik FFI 2021, Dari Film Terbanyak Beroleh Nominasi Sampai Penghargaan Kategori Terbaru! Beberapa hal menarik dari Festival Film Indonesia 2021. (Foto: Festival Film Indonesia)

ENAM puluh enam tahun Festival Film Indonesia bertahan diterpa zaman. Sejak digagas Usmar Ismail dan Djamaludin Malik tahun 1955 silam, festival sempat populer disebut sebagai Piala Citra selalu menyedot perhatian publik.

Baca juga:

Legenda Hantu Indonesia Muncul di Film Horor Negeri Aing

Publik, selain ingin mengenal ekosistem perfilman tanah air, juga menantikan perebutan pemuncak di setiap kategori. Bahkan tak sedikit saling menjagokan film terbaiknya berada di posisi teratas.

Di masa pandemi, penyelenggaran FFI mau tak mau harus beradaptasi. Selain teknis penyelenggaran, ada pula beberapa kebaruan dan rentetan rekor baru. Apa saja? Sebelum malam puncaknya tiba, simak beberapa fakta menariknya.

1. Film terbanyak meraih nominasi

Setiap tahun, film-film terbaik Indonesia bertarung pada ajang FFI. Bahkan, pertarungan bisa jadi sangat ketat dan sengit. Pada FFI 2021, Penyalin Cahaya garapan Wregas Bhanuteja paling unggul dalam jumlah capaian nominasi.

Secara total, film perdana tayang di Festival Film Internasional Busan itu menerima 17 nominasi. Termasuk kategori utama seperti Film Cerita Panjang Terbaik, Sutradara Terbaik, Pemeran Utama dan Pendukung Pria Terbaik, serta Pemeran Utama Perempuan Terbaik.

Sementara di posisi kedua ada Ali dan Ratu Queens dengan selisih satu kategori. Berikutnya ada Yuni dinominasikan dalam 14 kategori dan 10 nominasi untuk Cinta Bete. Kira-kira berapa piala berhasil film-film tersebut raih?

2. Sejarah film dan media baru

FFI 2021
Menurut Reza Rahadian, sejarah film harus diingat oleh seluruh ekosistem perfilman. (Foto: Festival Film Indonesia)

Tahun ini, Reza Rahadian selaku Ketua Komite Festival Film Indonesia 2021-2023 mengumumkan tema berkait sejarah film dan Media Baru "Beralih Masa, Bertukar Rasa Film Indonesia".

"Sejarah film Indonesia merupakan perjalanan karya perlu diingat," jelasnya pada konferensi pers virtual FFI.

Menurutnya, sejarah itu perlu jadi bahan renungan bersama juga pelajaran berharga. "Tidak hanya bagi pelaku tapi juga seluruh ekosistem perfilman dalam pencapaian film Indonesia di era berkembangnya media baru saat ini," tambah Reza.

Baca juga:

Aghniny Haque, Taekwondoin Negeri Aing Eksis Main Film Indonesia

Dengan mengusung tema tersebut, Komite FFI, lanjutnya, bergerak dari apresiasi terhadap sejarah lalu di masa pandemi menjadi tantangan para sineas menjajal bahkan mengembangkan bentuk-bentuk media baru.

3. Malam puncak di Hari Pahlawan

FFI 2021
Malam penghargaan digelar di Hari Pahlawan. (Foto: Instagram@festivalfilmid)

Selama beberapa tahun sebelumnya, malam puncak FFI dilakukan di bulan Desember. Meski pernah diadakan di bulan November, namun tidak seistimewa tahun ini karena acara akan berlangsung bertepatan dengan Hari Pahlawan.

Pada bulan Juli lalu, Direktur Jenderal Ditjen Kebudayaan Hilmar Farid menambahkan ingin mengusulkan Usmar Ismail, Bapak Perfilman Indonesia menjadi salah satu Pahlawan Nasional.

Usulan tersebut beroleh tanggapan baik Presiden Joko Widodo dengan penetepan Usmar Ismail, menjadi salah satu tokoh beroleh gelar Pahlawan Nasional.

4. Kategori baru melibatkan masyarakat

Ada satu hal berbeda dari penyelenggaran FFI 2021. Garin Nugroho, ketua bidang penjurian mengadakan sejumlah kategori baru dengan cara penilaian berbeda. "Dalam keterbatasan menyapa masyarakat secara langsung, kami membuka kategori Film Favorit, Aktor Favorit, dan Aktris Favorit dapat dipilih lewat media sosial," ucapnya.

Berdasarkan informasi dari Instagram resmi FFI, sudah ada lebih dari 63 juta pencinta film memberikan suara. Ada empat kategori masing-masing menyematkan nama tokoh-tokoh berjasa di dunia perfilman Indonesia.

Pemenang kategori Film Terfavorit akan beroleh Penghargaan Djamaludin Malik, peraih angka tertinggi pada kategori Kritik Film akan mendapat Penghargaan Tanete Pong Masak, pemenang kategori Aktris Terfavorit akan beroleh Penghargaan Chitra Dewi, dan peraih Aktor Terfavorit akan meraih Penghargaan Bambang Irawan.

Selain itu, dari segi penjurian, Garin mengaku melakukan beberapa perubahan sebagai penyempurnaan dari tahun-tahun sebelumnya. Dengan evaluasi dan input dari berbagai kalangan, komite FFI akhirnya membangun tiga hal penting dalam aspek penjuriannya.

"Peran asosiasi, profesi perfilman, keterlibatan aktif masyarakat, dan juga sistem dewan juri," jelas Garin. (sam)

Baca Juga:

Nostalgia Nonton Bioskop Sebelum Pandemi, Sampai Rela Bolos!

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Positif COVID-19, Doja Cat Mundur dari Jingle Ball Tour
ShowBiz
Positif COVID-19, Doja Cat Mundur dari Jingle Ball Tour

Ia sangat sedih tidak bisa berada di acara itu.

Pengobatan Mata Pada Pengidap AMD di Masa Pandemi
Fun
Pengobatan Mata Pada Pengidap AMD di Masa Pandemi

Pengobatan mata pengidap AMD di masa pandemi.

4 Trik Mengelak Biar Enggak Dimarahin Pas Beli Barang Mahal
Fun
Twitch Punya Fitur untuk Mendeteksi Pengguna Mencurigakan
Fun
Twitch Punya Fitur untuk Mendeteksi Pengguna Mencurigakan

Streamer atau mod memiliki opsi untuk memantau usia akun obrolan, memilih untuk menahan komentar, atau membiarkannya.

Akal-Akalan Anak Futsal Biar Bisa Main Lama
Fun
Akal-Akalan Anak Futsal Biar Bisa Main Lama

Ia punya akal-akalan agar dapat jam bermain lebih lama, selain enggak mau rugi, juga sekalian improve skill atau jam terbang.

Distribusi Vaksin Dongkrak Penjualan Sepeda Motor, Ini Penjelasannya
Fun
Distribusi Vaksin Dongkrak Penjualan Sepeda Motor, Ini Penjelasannya

Hadirnya vaksin diprediksi bisa membuat penjualan sepeda motor meningkat

Tanamkan 4 Hal Ini untuk Tampil dan Terlihat Classy
Fun
Tanamkan 4 Hal Ini untuk Tampil dan Terlihat Classy

Terlihat berkelas juga akan meningkatkan kepercayaan diri.

Peluang Pendidikan Tinggi di Masa Pandemi COVID-19
Fun
Peluang Pendidikan Tinggi di Masa Pandemi COVID-19

Menjadi peluang untuk meningkatkan taraf hidup yang lebih baik.

Leading Lady K-Drama dengan Outfit Paling Modis
ShowBiz
Leading Lady K-Drama dengan Outfit Paling Modis

Rasanya pengin pinjem baju mereka deh.

Jangan Khawatir Punya Pasangan Introvert
Fun
Jangan Khawatir Punya Pasangan Introvert

Punya pasangan introvert memang melatih kesabaran.