Film
Fakta Unik di Balik Layar 'The Queen's Gambit' Fakta unik di balik drama The Queen's Gambit. (Foto Netflix)

PREMIS cerita yang menarik membuat The Queen's Gambit pantas disebut sebagai salah satu serial terbaik Netflix. Buktinya, 62 juta penonton rela meluangkan waktu untuk menyaksikan tujuh episode dari drama tersebut.

Setelah melihat serial ini, kebanyakan dari kamu mungkin langsung jadi penggemar Beth Harmon. Buat kamu para fan, baca deh beberapa fakta mengenai The Queen's Gambit berikut ini.

BACA JUGA:

Inggris Minta Netflix Beri Label Fiksi pada ‘The Crown’

1. Semua aktor benar-benar bermain catur

Bukan hanya pintar bermain catur di dalam layar, sepertinya para pemeran 'The Queen's Gambit' memang asli jenius di dunia nyata. Kepada Entertainment Weekly, Scott Frank selaku sutradara mengatakan para pemainnya benar-benar memainkan catur tersebut.

Meskipun konsultan catur menciptakan setiap permainan yang ada dalam ketujuh episode, para aktor menghafal dan memainkan setiap pertandingan. Bahkan pada saat gim 'speed rounds' berlangsung. "Ada rangkaian lengkap saat kamu tidak melihat papannya, tetapi mereka (aktor) masih benar-benar memindahkan bidak ke tempat yang seharusnya. Para aktor selalu tahu persis ke mana setiap pion harus pergi," kata Frank.

2. Perempuan baru bisa bertanding di Kejuaran Catur Dunia pada 1980-an

Walaupun berlatar pada tahun 1960an, ternyata perempuan baru bisa mengikuti kejuaraan dunia dua dekade kemudian. Menurut laporan Jennifer Bisset dalam 'CNET', pemain Hongaria, Judit Polgar jadi 'grand master' catur termuda dalam sejarah. Di usianya yang baru menginjak 15 tahun pada 1991 silam, Polgar menolak untuk bermain di turnamen perempuan. Dia malah memilih untuk melawan dan mengalahkan pecatur pria.

Sebelum berada di posisi tersebut, kakak perempuannya Susan Polgar sempat memperjuangkan hak perempuan untuk bisa bertanding di Kejuaraan Catur Dunia pada 1986. Sebelumnya, kata 'men's' disematkan sebagai nama acara tersebut. Akan tetapi Polgar berjuang mengganti kata pria dengan 'open' agar peserta turnamen tidak hanya berdasarkan jenis kelamin saja.

3. Visualisasi catur di langit-langit sebenarnya cukup realistis

Dalam drama kita diperlihatkan bahwa Beth baru dapat melihat gerakan catur di langit-langit setelah dia mengonsumsi pil hijau. Mungkin menurutmu ini hanyalah manifestasi yang dihasilkan dari efek obat penenang yang dikonsumsi Beth. Namun juara dunia catur saat ini, Magnus Carlsen mengatakan bahwa para pecatur profesional yang berpaling dari papan untuk mengingat gerakan adalah suatu hal yang cukup normal. Ya meskipun pada umumnya pemain catur tentu saja tidak memiliki alat bantu efek visual khusus seperti yang ada dalam film. Tapi membayangkan gerakan pion sebenarnya bukan suatu hal yang istimewa dengan atau tanpa obat penenang.

4. Kostum Beth memang sengaja dipilih untuk menyampaikan hal tertentu mengenai karakternya

Sekilas kostum yang dikenakan Beth memang seperti pakaian ala tahun 60an pada umumnya. Namun Gabriele Binder selaku desainer kostum mengatakan bahwa bukan tanpa alasan dia memilih banyak pakaian bermotif kotak-kotak. Ini melambangkan persatuan antara kecintaan Beth terhadap catur dengan fesyen. Pada 'Vogue UK', Binder juga menyebutkan pilihan kostumnya juga sebagai bentuk penghormatan pada desainer zaman itu.

Kemudian pakaian serba putih yang terakhir dikenakan Beth di akhir drama menunjukkan posisi Beth sebagai ratu putih. "Idenya tentu saja adalah untuk menyampaikan bahwa dia sekarang adalah ratu papan catur dan papan catur itu sendiri adalah dunia," tutur Binder.

5. Heath Legder sempat menggarap adaptasi film 'The Queen's Gambit' lebih dari satu dekade silam

Jauh sebelum Scott Frank duduk di kursi sutradara dan penulis drama 'The Queen's Gambit', Heath Legder pernah mencoba menggarapnya. Laman 'The Independent' melaporkan bahwa sebelum kematiannya pada 2008 lalu, Legder telah mengerjakan film adaptasi 'The Queen's Gambit' dari buku berjudul sama karangan Walter Tevis. Aktor yang terkenal berkat perannya sebagai Joker itu sudah berencana untuk mengarahkan dan membintanginya bersama Ellen Page. Page dikabarkan akan memerankan karakter Beth. Penulis skenario Allan Shiach sempat bekerjasama dengan Ledger. Dia mengatakan bahwa aktor tersebut memang akan mengadaptasi filmnya selaras dengan cerita yang ada dalam novel Tevis.(Sam)

Belajar Berkencan dari Film
Fun
Belajar Berkencan dari Film
Fun
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Billionaire’s Project x Kemas Acil Hasilkan Koleksi Social Terror
Fun
Billionaire’s Project x Kemas Acil Hasilkan Koleksi Social Terror

Billionaire's Project menggandeng Kemas Acil untuk menghasilkan desain yang fun.

Desainer Wignyo Rahadi Dukung Penuh Pengembangan Batik Jambi
Fun
Desainer Wignyo Rahadi Dukung Penuh Pengembangan Batik Jambi

Dukung Pengembangan Kerajinan dan Pariwisata di Jambi, Fashion Designer Wignyo Rahadi Tampilkan Koleksi Batik Jambi di Candi Muaro Jambi

Psikolog: Individu dengan Trauma Masa Kecil Miliki Empati Lebih Besar
Hiburan & Gaya Hidup
Psikolog: Individu dengan Trauma Masa Kecil Miliki Empati Lebih Besar

Peristiwa traumatis dapat dan memang memiliki dampak negatif yang sangat besar pada kehidupan seseorang di masa mendatang.

Hari Jantung Sedunia, Berikut Makanan Wajib untuk Jantung yang Sehat
Fun
Hari Jantung Sedunia, Berikut Makanan Wajib untuk Jantung yang Sehat

Penyakit jantung menyumbang hampir sepertiga dari semua kematian di seluruh dunia

Sabet Best Adaptive Screenplay, Taika Waititi: Saya Dedikasikan untuk Pribumi
ShowBiz
NASA Keluarkan Panduan Jaga Lingkungan Luar Angkasa
Fun
NASA Keluarkan Panduan Jaga Lingkungan Luar Angkasa

NASA berusaha menjaga keseimbangan antara komunitas sains, komunitas komersial, dan eksplorasi manusia.

Menu Start Baru Windows 10
Fun
Menu Start Baru Windows 10

Microsoft telah memamerkan desain yang diperbarui awal tahun 2020. Perbaruan tersebut tersedia untuk Windows tester mulai 2 Juli 2020.

Bahan-Bahan Alami Ini Bikin Bebas Jerawat
Fun
Bahan-Bahan Alami Ini Bikin Bebas Jerawat

Atasi jerawat dengan mudah menggunakan bahan alami.

Suka Film Laga Tiongkok? Wajib Nonton 4 Film yang Dibintangi Donnie Yen Ini!
ShowBiz
Suka Film Laga Tiongkok? Wajib Nonton 4 Film yang Dibintangi Donnie Yen Ini!

Dikenal sebagai ahli bela diri, film-film yang dibintangi Donnie Yen ini wajib ditonton.

Film 'The Wretched' Raih Keuntungan Lewat Bioskop Teater Mobil
Fun
Film 'The Wretched' Raih Keuntungan Lewat Bioskop Teater Mobil

Bioskop teater mobil menjadi terobosan baru untuk menghadapi new normal.