Fakta Unik dan Menarik Makanan di Pesawat

Ana AmaliaAna Amalia - Rabu, 26 Agustus 2015
Fakta Unik dan Menarik Makanan di Pesawat
Abraresto.com

MerahPutih Kuliner - Kamu pernah mendapatkan pelayanan makanan di dalam pesawat, jika pernah sadarkah kamu jika rasa makanan di pesawat agak berbeda? Ternyata penyajian makanan di dalam pesawat cukup rumit loh, penasaran? berikut ulasannya seperti yang dilansir dari Abraresto.com.

Udara kering

Hal ini pasti pernah dialamin oleh banyak orang yang makan di dalam pesawat. Makanan yang disuguhkan ataupun kalo kamu bawa makanan sendiri ke dalam pesawat, rasanya pasti kurang oke ataupun jadi hambar.

Kenapa begitu? Menurut sebuah institut riset German, Fraunhofer Institute, jika kita makan sesuatu di sebuah kabin yang diregulasi tekanan udaranya, ditambah dengan kondisi udara yang kering dan dingin, kemampuan indera pengecapan kita berkurang sebanyak 30%! Nggak heran kalo makanan rasanya jadi hambar.

Suara

Selain kondisi udara yang kurang ideal, ternyata ada faktor lain juga yang mempengaruhi kemampuan pengecapan kita. Menurut sekelompok peneliti dari Cornell University, kemampuan pengecapan kita juga berkurang karena suara mesin pesawat yang berisik! Suara yang membisingkan ini ternyata mengurangi kemampuan kita menikmati rasa manis AbraFoodies.

Dimasak di Airport

Pada umumnya, makanan pesawat disiapkan minimal 10 jam sebelum jadwal pesawat tersebut terbang. Lokasi masaknya? Di sebuah dapur besar yang terletak di dalam kompleks airport.

Di dapur-dapur tersebut, makanan pesawat diracik dan dimasak sampai tingkat kematangan sekitar 60%. Karena setiap harinya ada ratusan pesawat yang memerlukan makanan, maka kapasitas kerja dapur-dapur tersebut sangatlah hebat.

Yang Penting Ada Yang Mengendalikan Pesawat

Ngomong-ngomong tentang kesehatan dan pencemaran makanan, hampir semua maskapai penerbangan mengharuskan sang pilot dan co-pilot untuk makan dua hal yang berbeda. Hal ini dilakukan agar mencegah terjadinya keracunan makanan pada dua orang penting yang bisa mendaratkan pesawat. Kan nggak lucu kalo tiba-tiba kedua pilot jatuh sakit!

Pengalaman Makan Gourmet di Ketinggian 10.000 Meter

Beberapa maskapai penerbangan seperi Qatar Airways dan Virgin Atlantic menjalin kerja sama dengan restoran-restoran ternama di dunia dalam meracik dan membuat resep makanan yang sekiranya bakal enak dimakan walaupun kondisi udara kurang ideal.

Bagi kamu yang bisa terbang di kelas premium seperti Business Class ataupun First Class, kamu bakal bisa ngerasain pengalaman makan yang gak jauh kalah dengan pengalaman makan di sebuah restoran fine dining. Meskipun begitu, beberapa maskapai penerbangan seperti JetBlue dan Cathay Pacific juga menawarkan makanan pesawat yang lebih bersifat gourmet bagi mereka yang duduk di kelas Ekonomi.

Original artikel dari AbraResto.com, web super lengkap untuk menemukan referensi restoran terkini di Jakarta dan sekitarnya.

BACA JUGA:

Berburu Kuliner Khas Manado di Jakarta

4 Topping Martabak yang Bikin Ngiler

Lapar di Tengah Malam? Coba Kunjungi Restoran 24 Jam Ini!

4 Kuliner Mie yang Bikin 'Nagih'

Bagikan
Ditulis Oleh

Ana Amalia

Happy life happy me
Bagikan