Fakta Tentang 'Midnight Snacking' yang Merugikan Kesehatan Fakta-Fakta tentang “Midnight Snacking” (Foto: healthifyme))

MEMAKAN camilan di malam hari merupakan hal yang seringkali dilakukan oleh banyak orang. Kalau sedang tidak tidur, perut pasti keroncongan dan akhirnya pergi ke dapur untuk ngemil. Tidak hanya itu, ketika kamu nonton di bioskop pada tengah malam dan membeli popcorn, itu masuk ke dalam kategori midnight snacking.

Tubuh manusia sejatinya memiliki pola tersendiri dalam mengatur seluruh kerja organ beserta enzim dan hormon yang menunjang. Itu lah sebabnya manusia membutuhkan sarapan, makan siang, dan makan malam disamping camilan sore hari. Tetapi itu semua harus teratur bergantung pada kerja tubuh kita. Lalu, apa saja ya bahayanya kalau terlalu makan di luar jam makan atau yang biasa disebut midnight snacking?

1. Diabetes Miletus

Fakta Tentang 'Midnight Snacking' yang Merugikan Kesehatan
Diabetes miletus (Foto: Pixabay/Stevenpb)

Tubuh kita membutuhkan gula 'baik' dari sarapan sehat di pagi hari setelah kita tidur selama tujuh jam. Nutrisi yang diserap untuk kebutuhan tubuh kita seharian itu rata-rata dari sarapan.

Baca juga:

Meskipun Sehat, Jangan Coba-Coba Mengonsumsi Makanan Ini Di Malam Hari

Maka, pastikan kamu selalu memulai hari dengan sarapan yang sehat. Setelah itu di siang dan malam hari tubuh kita tidak terlalu membutuhkan asupan gula dan lemak itu lah sebabnya ketika kamu melakukan midnight snacking, apalagi dengan mengonsumsi makanan yang tidak sehat dan mengandung gula tinggi akan memicu diabetes miletus. Penumpukkan lemak ini kemudian akan mengganggu metabolism gula dalam tubuh.

2. Gangguan Hormon

Fakta Tentang 'Midnight Snacking' yang Merugikan Kesehatan
Gangguan hormon (Foto: Pixabay/Wikimedia Images)

Seperti yang sudah disebutkan, tubuh memiliki jam kerjanya sendiri dalam mengatur seluruh metabolisme dalam tubuh. Jika kamu makan dengan tidak teratur ditambah dengan midnight snacking kamu megacaukan jam kerja tubuhmu sendiri. Seharusnya jam malam diperuntukkan untuk kerja hormon tertentu jadi harus mengurus asupan yang kamu tambah lagi.

3. Sulit Tidur

Fakta Tentang 'Midnight Snacking' yang Merugikan Kesehatan
Sulit tidur (Foto: Pixabay/Free-Photos)

Dengan melakukan midnight snacking, kamu membuat tubuhmu bekerja untuk membakar kalori sehingga yang seharusnya tubuhmu beristirahat ketika malam hari, tubuhmu jadi sibuk melakukan hal lain. Kualitas tidurmu menjadi buruk dan menyebabkan rasa kantuk ketika bangun tidur.

Baca juga:

Awas, Makan Kelewat Malam Bikin Rentan Kanker

4. Jantung

Fakta Tentang 'Midnight Snacking' yang Merugikan Kesehatan
Memicu penyakit jantung (Foto: Pixabay/gfkDSGN)

Penumpukkan lemak akibat midnight snacking disebabkan oleh tidak terbakarnya seluruh kalori yang masuk ke dalam tubuh ketika malam hari karena saat itu memang tubuhmu membutuhkan istirahat.

Itu lah sebabnya sebagian kalori tersebut akan berubah menjadi lemak yang menyumbat pembuluh darah jantung. (mar)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH