Fakta Tentang Gangguan Kepribadian Narsisistik Orang narsisistik punya karakter tersendiri. (foto: pixabay/vitabello)

MENCINTAI merupkan hal yang sulit, apalagi mencintai seorang yang mengidap gangguan kepribadian narsisistik. Narsisistik adalah gangguan kepribadian pada seseorang yang menganggap semua tentang dirinya sangatlah penting dan mereka sangat suka ketika dikagumi orang lain.

Karena terlalu mencintai dirinya sendiri, seorang narsisistik biasanya memiliki penampilan yang menarik. Meskipun memiliki permukaan yang terlihat menawan, mereka akan selalu mendahulukan kepentingan mereka sendiri diatas orang lain, dan faktor tersebut membuat seorang narsisistik akan memiliki hubungan percintaan yang kurang sehat.

BACA JUGA: Mantan Bukan Dilupakan, Tapi Dimaafkan!

1. Narsisistik cenderung selingkuh dalam hubungan

selingkuh
Suka selingkuh karena butuh validasi. (foto: unplash)

Jacqui Manning, seorang psikolog asal Australia mengatkan bahwa orang yang narsisistik yang memiliki hubungan amat mungkin suka menyelingkuhi pasangannya. "Orang narsisistik biasanya membutuhkan banyak validasi dari orang sekeliling mereka, jadi seringkali mereka mendapatkan kebutuhan tersebut dengan flirting atau menggoda, atau dengan dicintai orang lain."

Bagi orang narsisistik, biasanya satu orang tidak akan pernah cukup. Biasanya orang yang narsisistik juga cenderung kurang memiliki empati terhadap orang lain, sehingga mereka tidak akan bisa memahami bagaimana sakitnya diselingkuhi. Manning mengatakan bahwa mereka tidak mengetahui apa rasanya sedih ketika diselingkuhi, sehingga mereka cenderung mengulangi perselingkuhan dalam hubungan.

2. Bagaimana cara mengetahui jika seseorang adalah narsisistik?

narsisistik
Suka jadi pusat perhatian. (foto: Gulf elite)

Meskipun tidak bisa didiagnosa sendiri dan tidak bisa dijamin keakuratannya, namun seorang narsisistik memiliki sifat-sifat berbeda yang bisa kamu rasakan sehari-hari. Biasanya narsisistik dimiliki oleh orang yang sangat sukses sehingga mereka sangat percaya diri terhadap kemampuannya. Narsisistik juga biasanya merasa bahwa mereka berada diatas orang lain.

Tidak hanya itu, mereka juga cenderung meminta perhatian secara berlebihan dan sangat senang jika dikagumi orang lain. Mereka membutuhkan afirmasi dari orang sekelilingnya bahwa mereka adalah orang yang pintar, menarik, serta bertalenta.

BACA JUGA: Wajib Tahu, Tiga Tanda Penting Mantan Masih Belum Move On Darimu

3. Ingin memiliki kisah cinta yang sempurna

wedding
Terobsesi dengan kehidupan ideal. (foto: modern wedding)

Dr. Gathing, penulis buku dan psikolog mengatakan bahwa seorang narsisistik biasanya terobsesi dengan kehidupan sempurna yang sangat ideal bagi mereka. Mereka cenderung mendeskripsikan kehidupan romantis yang ada pada dongeng-dongeng.

4. Suka memanfaatkan orang lain

narsisistik
Suka memanfaatkan orang lain. (foto: the atlantic)

Dilansir dari Thelist.com, narsistik biasanya suka mengeksploitasi orang lain demi memenuhi keinginannya. Tidak jarang mereka menjalin hubungan dengan seseorang yang tidak mereka sukai demi uang, ketenaran, atau status. Mereka juga tidak sungkan meninggalkan mereka ketika keingin mereka sudah terpenuhi, atau jika orang tersebut sudah tidak lagi menguntungkan baginya.(shn)

BACA JUGA: Tampan dan Terkenal, Idola K-Pop ini Pernah Dicampakkan Perempuan



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH