Fakta Tak Terungkap Pola Makan Anggota Kerajaan Inggris, Nomor 3 Terbayang Hambarnya Enggak? Makanan sehat. (Foto: Pixabay)

KELUARGA Kerajaan Inggris merupakan salah satu keluarga terkaya dan terkenal di muka bumi. Status mereka sebagai keluarga paling disegani di jagat raya tak menampikkan fakta bahwa mereka hanya manusia biasa. Sama seperti Anda, mereka punya sejumlah daftar makanan favorit dan yang tak disukai.

Berikut aturan makan dan pola makan anggota kerajaan Inggris yang tak pernah diungkapkan sebelumnya.

1. Kerang

Kerang merupakan salah satu makanan terlarang bagi keluarga bangsawan. Sejumlah makanan yang tak boleh disajikan di meja makan keluarga Britania Raya antara lain lobster, udang, kepiting, dan kerang. Mereka meyakini bahwa makanan tersebut berisiko dan mengandung zat berbahaya.

Pihak kerajaan juga melarang daging yang dimasak setengah matang. Aturan dibuat untuk dilanggar. Demikian yang dilakukan oleh Pangeran Charles. Dirinya menikmati kerang meski makanan tersebut masuk dalam daftar makanan yang dilarang di dapur istana.

2. Tap water

Tap water atau fasilitas air minum publik banyak ditemukan di ruangan terbuka sejumlah negara. Meski tap water dapat dikonsumsi, pihak kerajaan melarang anggota keluarga kerajaan untuk mengonsumsinya. Menurut mereka, parasit dan bakteri yang terdapat di tap water dapat menimbulkan sejumlah penyakit termasuk diare.

Ketika melakukan kunjungan ke Oman, Thailand, Nepal, Maroko, Tunisia, Bahrain, Kuwait dan Uni Emirate Arab, Ratu Inggris menghindari tap water dan memilih meminum air kemasan.

3. Makanan tanpa bawang

Bawang merupakan salah satu rempah-rempah yang kerap dijadikan bumbu masakan. Bawang membuat cita rasa makanan menjadi lezat. Meski demikian, Kerajaan Inggris melarang anggota keluarga Kerajaan Inggris memakan hidangan yang diberi bawang.

"Bawang tak boleh ada di sajian makanan baik sarapan, makan siang, atau makan malam," ungkap John Higgins, mantan koki kerajaan Inggris. Bawang tak boleh dijadikan sebagai bumbu karena dapat menimbulkan nafas beraroma tak sedap. Peraturan tersebut tak hanya berlaku bagi Ratu Inggris atau anggota Keluarga Kerajaan tetapi seluruh tamu kenegaraan.

4. Makan makanan sehat

Sebagian besar publik berpikir jika Ratu Elizabeth hidup abadi. Di usianya yang ke-91 dirinya masih tampak energik, aktif dan segar. Salah satu yang membuatnya sehat di usia senja adalah pola makan sehat yang ia terapkan. Menurut Darren McGrady, Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip memiliki pola makan yang sehat.

"Pangeran Charles sudah menyantap makanan organik sebelum makanan organik populer di masyarakat," ucapnya. Mantan istri Pangeran Charles, Putri Diana juga selalu makan makanan dengan komposisi sehat dan bahan segar. Roti, pasta, mayonnaise hingga es krim yang dikomsumsinya mengandung nutrisi yang diperhatikan.

5. Ratu Inggris bukan foodie

Berbagai olahan masakan lezat memanjakan lidah kita. Kuliner-kuliner enak membuat kita kerap menyantap apapun hidangan di depan mata. Hal tersebut tak berlaku bagi seorang Ratu Inggris. "Dirinya makan untuk hidup, bukan hidup untuk makan," ujar McGrady.

Ketika sedang sendiri, ia lebih memilih kudapan berupa ikan rebus, sayuran atau salad. Begitu jarangnya ratu makan, McGrady mengungkapkan bahwa Kerajaan Inggris jarang membeli peralatan dapur. Beberapa perabotan dapur bahkan telah ada sejak 1800. "Ratu lebih menggunakan uangnya untuk membeli kuda dan pelana daripada membeli peralatan dapur.

6. Larangan makanan berpati

Seluruh makanan yang dikonsumsi tak mengandung pati atau tepung. Ketika ratu sedang makan sendiri, Anda tak akan menemukan hidangan pasta, nasi atau kentang. IA lebih memilih makan sandwich yang diisi mentimun, salmon, ikan dan mayonnaise. Sandwich yang digunakan pun tak mengandung tepung roti.

7. Penggemar cokelat dan mangga

Bagi penggemar berat cokelat, jadikan Ratu Inggris sebagai teman kulinermu. Ratu Inggris adalah penggemar berat cokelat. Hidangan yang selalu tersaji di meja makan dan menjadi kudapan favorit ia dan seluruh anggota Kerajaan Monarki tersebut adalah mousse cokelat.

Selain cokelat, Ratu Inggris sangat menyukai mangga. Lemari pendingin Kerajaan Inggris selalu dipenuhi mangga. Ingin tahu caea memenangkan hati Ratu Inggris? Berikan ia cokelat dan mangga.

8. Makan buah dan sayur dari kebun sendiri

Pelayan Kerajaan Inggris tak pernah berbelanja ke supermarket. Berbagai bahan makanan yang disajikan didapatkan dari istana. Koki Pribadi Pangeran Charles dan Putri Diana, Carolyn Robb, mengungkapkan jika Pangeran Charles dan Putri Diana gemar makan buah dan sayur yang dipetik dari pekarangannya sendiri.

Ratu Elizabeth II juga makan daging dan ikan salmon yang diburu dan ditangkap di pulau pribadinya di Sandringham atau Balmoral.

9. Kate Middleton masak sendiri

Seluruh anggota keluarga kerajaan memiliki koki pribadi. Koki pribadi tersebut akan ikut ke kediaman para anggota kerajaan masing-masing dan menyiapkan seluruh makanan mereka. Pangeran William, Kate Middleton dan anak-anak mereka tak memakan masakan koki.

Kate memasak sendiri makanan untuk dirinya dan keluarganya. Background keluarga Kate dari keluarga normal membuatnya terbiasa memasak makanannya sendiri. Pangeran William pun menikmati masakan yang dibuat istrinya tersebut.

10. Dilarang makan sebelum Ratu Inggris

Mantan tukang daging Kerajaan Inggris, Paul Burrel membeberkan aturan unik di kerajaan tersebut. Tak boleh ada yang makan sebelum Ratu Inggris makan. Mereka juga harus berhenti makan jika Ratu Inggris berhenti.

Demikian sejumlah aturan unik yang diterapkan di Kerajaan Inggris saat makan. Berbagai aturan unik tersebut nyatanya membuat Ratu Inggris tampak bugar di usianya yang tak lagi muda. (Avia)

Baca pula kabar tentang Ratu Elizabeth II pada artikel Ratu Inggris Nasehati Lewis Hamilton Soal Etika di Meja Makan.

Kredit : iftinavia


Rina Garmina