Fakta Tak Terungkap Kreator Marvel, Stan Lee Stan Lee dulunya penulis berita kematian selebrita. (Foto: theglobeandmail)

PARA penggemar serial superhero Marvel di seluruh dunia tengah berkabung. Selasa (13/11), kreator Marvel, Stanley Martin Lieber (Stan Lee) wafat. Stan Lee merupakan sosok idola penggemar Marvel. Dari tangan dinginnya lahir sejumlah karakter superhero yang fenomenal yang digemari orang dari berbagai kalangan. Sebut saja Spiderman, Iron Man, Hulk, Thor dan lain sebagainya. Stan Lee merupakan sosok yang ekstrovert dan selalu terbuka akan kehidupan pribadinya.

Kendati demikian, ada beberapa fakta unik sang kreator karakter Marvel tersebut. Stan Lee identik dengan penampilan rapi dengan rambut yang disisir ke belakang. Dalam sebuah wawancara ia mengungkapkan bahwa istrinya berada di balik penampilannya. Istrinya selalu mencukur rambutnya. ”Sepanjang kehidupan dewasaku, aku tak pernah pergi ke barber,” ujarnya.

stan lee
Stan Lee mengukir karier di Timely Comics. (Foto: timesofisrael)

Sebelum terkenal menulis kehidupan fantastis karakter fiksi, Lee muda menulis berita kematian antemortem untuk selebriti di sebuah kantor berita di New York. Ia mengatakan bahwa ia akhirnya berhenti dari pekerjaan tersebut karena pekerjaan tersebut terlalu menyedihkan membuatnya depresi.

Seminggu setelah bekerja di Timely Comics, Lee mendapat kesempatan untuk menulis komik Captain America sebanyak dua halaman. Di komik tersebut ia menuliskan nama pena (dan kini menjadi nama resminya), Stan Lee. Komik Captain America yang ia buat berjudul Captain America Foils the Traitor’s Revenge. Naskah komik lengkap pertamanya tersebut muncul di Captain America edisi 5 dan dipublikasikan pada 1 Agustus 1941.

stan lee
Mesin ketiknya dihancurkan istrinya. (Foto: syfy)

Pada 1971, Lee menerima sepucuk surat dari Departemen Kesehatan, Pendidikan, dan Kesejahteraan. Isi surat tersebut yakni meminta Lee untuk menaruh pesan anti narkoba di salah satu bukunya. Permintaan tersebut dituangkan dalam Spiderman. Dikisahkan salah satu teman Spiderman, Harry menyalahgunakan pil karena putus cinta. Publikasi kisah tersebut sempat tak mendapat persetujuan karena ia menyebutkan merek obat-obatan yang digunakan oleh sahabatnya. Lee berhasil meyakinkan penerbitnya, Martin Goodman untuk menerbitkan komik tersebut.

Ketika sedang berargumen, istrinya Joanie menghancurkan mesin tik miliknya. Dari mesin tik tersebut lahir sejumlah karya fenomenal Stan Lee yakni Spiderman dan The Fantastic Four. “Sayang sekali aku tak bisa melelang benda bersejarah tersebut,” ucapnya dalam memoar. (avia)

Kredit : iftinavia

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH