Fakta Mengejutkan Dari Bubble Tea yang Wajib Kamu Ketahui Bubble Tea ternyata tak sehat (Sumber: hypebae.com)

MINUMAN ini berbahan dasar teh, susu, krimer, gula, dan topping pearl yang terbuat dari tapioka. Bubble tea semakin menjamur di negara-negara beriklim tropis karena rasanya yang mampu menyegarkan dahaga.

Saat ini, varian bubble tea dengan brown sugar sedang hits di Indonesia, dan Rumah Sakit Mount Alvernia Singapura telah menyatakan bahwa brown sugar milk tea merupakan bubble tea dengan kadar gula tertinggi. Hal itu tentu sangat tidak menyehatkan tubuh.

Berikut ini beberapa fakta mengejutkan yang harus kamu ketahui sebagai penggemar bubble tea.

1. Pilihan terburuk

Bubble tea dengan gula merah adalah pilihan terburuk (Sumber: businessinsider.sg)
Bubble tea dengan gula merah adalah pilihan terburuk (Sumber: businessinsider.sg)

Rumah Sakit Mount Alvernia di Singapura telah membandingkan kadar gula yang terdapat pada tujuh jenis bubble tea. Sejauh ini, dinyatakan bahwa brown sugar milk tea, apalagi dengan tambahan topping pearl mendapatkan peringkat teratas.

Brown sugar milk tea dengan topping pearl memiliki kadar gula sebanyak 18,5 sendok teh atau sebanyak 92,5 gram kandungan gula. Untuk perbandingan, sekaleng minuman bersoda coca-cola mengandung tujuh sendok teh gula atau sekitar 35gram kandungan gula.

Dilansir dari businessinsider.sg, asupan gula normal yang direkomendasikan untuk orang dewasa berkisar antara delapan sampai 11 sendok teh, dan lima sendok teh untuk anak-anak dan remaja.

2. Perhatikan pilihan topping

Perhatikan pilihan topping (Sumber: Miss Mamon)
Perhatikan pilihan topping (Sumber: Miss Mamon)

Selain cairan dasar yang mengandung sangat banyak gula, kamu juga tidak boleh melupakan kandungan gula pada topping tambahan. Topping dengan kalori tertinggi adalah milk foam yang mengandung 203 kalori dan juga cheese foam dengan jumlah kalori sebanyak 180. Topping dengan kalori terendah adalah lidah buaya atau aloe vera yaitu sebesar 31 kalori.

Parahnya lagi, apakah kamu tahu bahwa topping jeli atau pearl disimpan dalam cairan sirup manis untuk memungkinkan mereka tetap kenyal? Tak itu tetunya akan menambah kadar gula serta kalori dalam segelas bubble tea. Belum lagi jika ditambahkan gula dan kalori dari pearl yang dalamnya diisi dengan madu atau brown sugar.

3. Bagaimana cara memesan bubble tea yang lebih sehat?

Memesan bubble tea yang sehat (Sumber: Goody Feed)
Memesan bubble tea yang sehat (Sumber: Goody Feed)

Jika kamu pecinta minuman manis menyegarkan ini, maka rumah sakit Mount Alvernia ini telah memberikan tips. Kamu tetap bisa menikmati bubble tea dengan asupan gula yang tidak terlalu banyak dan lebih sehat bagi tubuh kamu.

Pertama, kamu harus memilih ukuran paling kecil dan pilihlah green tea, teh oolong, atau black tea polos. Kemudian jangan lupa meminta tingkatan gula 30% saja atau lebih rendah dari itu. Kamu juga bisa menganti susu full cream dengan susu skim atau susu low-fat. Terakhir, hindari penggunaan topping, atau pilih topping dengan jumlah kalori yang lebih rendah seperti aloe vera atau white pearls. (shn)


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH