Film

'Yuni' Tembus Nominasi Oscar, ini Fakta Menariknya

Iftinavia PradinantiaIftinavia Pradinantia - Kamis, 21 April 2022
'Yuni' Tembus Nominasi Oscar, ini Fakta Menariknya
Potret remaja daerah dalam film Yuni

EMANSIPASI terus digaungkan di mana-mana. Namun, itu tidak berarti akses pendidikan sudah tersedia secara luas. Masih banyak gadis muda yang harus berjuang demi pendidikan yang layak. Beberapa gadis muda di desa kerap kali dihadapkan pada tawaran sulit: menikah.

Sekolah diabaikan.Pernikahan jadi ajang perlombaan. Mereka yang belum menikah di atas usia 20 tahun dianggap tidak laku. Potret itulah yang coba dihadirkan Kamila Andini dalam film berjudul Yuni. Film tersebut menghadirkan kisah menarik perjalanan seorang gadis remaja bernama Yuni (Arawinda Kirana) yang berjuang untuk mencapai impiannya.

Dengan topik yang menarik dan perspektif baru tentang kisah remaja, Yuni menjadi salah satu film yang banyak diperbincangkan saat perilisannya. Film ini dianggap paling relate dengan kehidupan perempuan muda di daerah.

Selain alurnya, ada berbagai detail menarik film ini. Berikut beberapa fakta menarik tentang film Yuni.

Film Pertama dengan Bahasa Jawa-Serang

bahasa daerah
Film dalam bahasa Jawa-Serang (Sumber: Disney+ Hotstar)

Berlatar di Serang, Banten, film “Yuni” merupakan satu-satunya film Indonesia yang menggunakan bahasa Jawa-Serang dari awal sampai akhir. Kamila menyebutkan, bahasa Jawa-Serang jarang digunakan di Indonesia. Penutur asli bahasa Jawa-Serang pun tidak terlalu terlihat eksistensinya. Berangkat dari fakta tersebut, ia memutuskan untuk memperkenalkan bahasa Jawa-Serang pada publik.

Totalitasnya Arawinda Untuk Karakter Yuni

Yuni
Arawinda saat menjadi Yuni (Sumber: Disney+ Hotstar)

Arawinda memang cukup aktif di dunia seni. Mulai dari pertunjukkan teater musikal hingga film pendek. Dirinya juga cukup aktif di dunia modeling dan mahir bernyanyi. Namun, film Yuni jadi debut Arawinda di dunia perfilman. Demi menunjukkan totalitasnya untuk debut aktingnya, ia coba mendalami peran sebagai Yuni. Caranya? Arawinda membuat akun Instagram @yunihhh__1006, di mana ia mengelola akun tersebut sebagai karakter Yuni. Caption dan foto dalam akun tersebut dibuat sesuai dengan karakter Yuni di dalam film. Foto yang diunggah kebanyakan bernuansa ungu, warna kesukaan Yuni, dan penulisan caption juga menggunakan bahasa Jawa-Serang.

Sederet Penghargaan Internasional

yuni
Berbagai penghargaan internasional untuk film Yuni (Sumber: Disney+ Hotstar)

Sejak perilisannya pada akhir tahun 2021, film ini sudah ditayangkan di berbagai kota di seluruh dunia seperti di Tokyo, Toronto, Philadelphia, Roma, Vancouver, dan Busan. Prestasi internasional film Yuni yang paling mutakhir tentu saja dengan terpilihnya film Yuni mewakili Indonesia di ajang bergengsi Academy Awards (Oscar) yang ke-94 sebagai salah satu nominasi untuk kategori Best International Feature Film. Yuni juga berhasil meraih berbagai penghargaan seperti Platform Prize Award di 2021 Toronto International Film Festival, Silver Yusr Award untuk kategori aktris terbaik di Red Sea International Film Festival 2021, 7 Penghargaan di Piala Maya 10, Honorary Distinction di Cyprus Film Days International Festival 2022, dan Piala Citra di Festival Film Indonesia. (avia)

#Film #Anak Indonesia
Bagikan
Ditulis Oleh

Iftinavia Pradinantia

I am the master of my fate and the captain of my soul
Bagikan