Fakta Menarik Istana Buckingham Istana Buckingham memiliki 350 jam yang berdetak bersamaan. (Foto: freeimages)

Istana Buckingham merupakan kediaman ratu Inggris. Tak hanya itu, tempat ini juga selalu menjadi destinasi wisata turis yang berkunjung London. Istana yang dibuka pada 1703 ini memiliki luas 44.000 meter persegi.

Sebenarnya, apa daya tarik bangunan tersebut hingga diburu wisatawan? Berikut 5 fakta menarik tentang Istana Buckingham yang patut Anda ketahui.

1. Terdapat 350 jam

Anda tidak perlu membawa jam tangan jika berkunjung ke sana. Di istana ini terdapat 350 jam yang masih beroperasi dengan baik. Kabarnya, 2 ahli jam selalu datang mengecek dan merawat jam-jam tersebut setiap minggu agar semua jarum jam dapat menunjukkan waktu yang sama dan berdetak bersamaan.

2. Dulunya kebun pohon murbei

Lahan tempat berdirinya Istana Buckingham tadinya adalah kebun pohon murbei. Adalah Raja James I yang menanam pohon murbei di tempat ini. Tak hanya murbei, raja yang memerintah pada 1603-1625 itu juga beternak ulat sutra di istana ini.

3. Grand ballroom luas

Grand ballroom di Istana Buckingham terkenal. Ruangan ini memiliki panjang 36 meter, lebar 18 meter dan tinggi 135 meter. Saat ruangan ini pertama kali dibuat pada 1856, grand ballrom merupakan ruangan terluas di London.

4. Pekarangan terawat

Jika berkunjung kesini, Anda bisa menikmati pekarangan istana yang begitu hijau dan bersih. Kebersihan pekarangan ini dilakukan setiap hari menggunakan mesin. Pembersihan pertama dilakukan pada pagi hari. Lalu, pada sore hari dilakukan dua kali inspeksi untuk memastikan pekarangan istana benar-benar bersih.

5. Terdapat ribuan pintu

Anda akan melihat banyak pintu dan jendela di istana megah ini. Terdapat 1.514 pintu dan 760 jendela. Setiap 6 minggu, seluruh jendela ini dibersihkan oleh petugas kebersihan istana.

Baca juga artikel 10 Tempat Yang Wajib Anda Kunjungi di London.



Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH