Fakta Menarik di Balik 'Kobe Beef', Daging Termahal Dunia Kobe, daging termahal sedunia (Foto: Pixabay/Z0man)

SAAT ingin makan malam mewah, biasanya restoran steak menjadi incaran. Hidangan daging sapi dengan makanan pendamping berupa sayur dan olahan kentang. Kualitas daging tentu memengaruhi rasa dan menambah popularitas restoran. Daging dengan nilai tinggi memang mampu memanjakan cita rasa kita. Tak jarang orang berani membayar mahal demi jaminan mutu.

Melansir dari notesofmads.com, status daging sapi termahal di dunia jatuh pada daging kobe. Berasal dari jepang, rasa daging ini memang dipengaruhi oleh teknik merawat sapi. Selain memperhatikan makanan, air yang diminum oleh sapi jenis ini juga tidak asal. Harganya dimulai dari Rp. 3,7 juta per 870 gram. Penasaran kenapa daging kobe bisa sangat mahal? Yuk intip fakta berikut ini.

Baca juga:

Mengolah Daging untuk Membuat Steak Empuk Layaknya Koki Profesional

1. Hanya Jenis Tajima-gyu

Fakta Menarik di Balik 'Kobe Beff', Daging Termahal Dunia
Daging kobe hanya berasal dari sapi Tajima-gyu (Foto: Pixabay/Uschi_Du)

Bukan sembarang sapi yang bisa disebut sebagai daging kobe. Tetapi hanya sapi jenis tajima-gyu saja. Sapi ini dimanjakan sepanjang hidupnya sejak lahir.

Ternyata hanya sapi Tajima-gyu betina saja yang dijual. Sapi betina memiliki kandungan lemak lebih banyak dibanding sapi jantan. Sehingga lebih kaya rasa.

2. Minum Bir

Fakta Menarik di Balik 'Kobe Beff', Daging Termahal Dunia
Para sapi ini diberi minum bir (Foto: Pixabay/rawpixel)

Sapi-sapi ini tidak diberi minum air biasa. Jika kamu biasa mendengar daging premium harus diberi air minum kemasan, kali ini kamu akan kaget. Karena sapi tajima-gyu diberi minum bir! Ya, minuman beralkohol yang biasa diminum oleh manusia ini menjadi minuman keseharian sapi ini.

Para peternak memiliki alasan tersendiri terkait hal ini. Bir akan membuat dagingnya terasa lebih lezat. Mereka percaya bukan hanya teknik memasak menggunakan minuman mengandung alkohol saja yang bisa meningkatkan rasa. Tetapi harus dimulai dari asupan sehari-hari dari sapi tersebut.

Baca juga:

Lebih Ekonomis, Membuat Daging dari Rumput. Kok Bisa?

3. Memiliki Akta Resmi

Fakta Menarik di Balik 'Kobe Beff', Daging Termahal Dunia
Tiap sapi memiliki akta resmi (Foto: Pixabay/jarmoluk)

Saking mahalnya sapi ini serta teknik ternaknya yang sulit, tiap sapi memiliki akta resmi. Akta tersebut memiliki informasi berupa kapan sapi tersebut lahir serta berat dan kandungan lemaknya. Tiap sapi harganya berbeda. Semua bergantung pada kandungan lemak yang ada di dalam daging.

4. Calon Pembelinya Diseleksi

Fakta Menarik di Balik 'Kobe Beff', Daging Termahal Dunia
Tidak sembarang orang bisa membeli (Foto: Pixabay/Robert-Owen-Wahl)

Para peternak tidak asal menjual sapi-sapinya. Calon pembeli akan diseleksi terlebih dahulu. Pemilik restoran terkenal pun bisa gagal membeli daging kobe.

Hanya pembeli yang memiliki antusias tinggi terhadap daging kobe yang dianggap layak. Menu yang menyajikan daging kobe pun harus tepat, tidak menghilangkan ciri khas rasa kobe. (mar)

Baca juga:

Pencinta Daging, Jangan Lewatkan Berkunjung ke 5 Negara Ini



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH