Fakta Menara Eiffel Bertambah Tinggi

Muchammad YaniMuchammad Yani - Jumat, 25 Maret 2022
Fakta Menara Eiffel Bertambah Tinggi
Menara Eiffel ikon global Perancis dan salah satu struktur terkenal di dunia. (Foto: freepik/wirestock)

MENARA Eiffel merupakan sebuah menara besi yang dibangun di Champ de Mars di tepi Sungai Seine, Paris. Menara ini telah menjadi ikon global Perancis dan salah satu struktur terkenal di dunia.

Menara Eiffel di Kota Paris ini bertambah tinggi hingga enam meter karena ada antena komunikasi baru yang dipasang di puncak menara. Dilansir dari web resmi toureiffel.paris, tinggi menara tersebut saat ini menjadi 330 meter.

Baca juga:

Fabio Quartararo, Anak Muda Ajaib dari Negeri Menara Eiffel

Sebagai informasi, sewaktu dibangun dan belum dinamai Menara Eiffel, bangunan tersebut dijuluki "300m Tower" (Menara 300 Meter). Pada tahun 1889, tingginya menjadi sekitar 312 meter berkat adanya tiang Bendera Perancis. Selanjutnya, pada tahun 1957, Menara Eiffel "tumbuh" hingga mencapai 320 meter, sedangkan pada tahun 2000 tercatat tingginya adalah 324 meter.

Selain itu, tinggi menara yang berat totalnya 10.100 ton ini bertambah ketika suhu naik, terutama saat musim panas. Sebagaimana toureiffel.paris menjelaskan, fenomena tersebut bernama thermal expansion atau ekspansi termal.

Warna emas adalah warna yang diinginkan oleh sang pendiri menara, Gustave Eiffel. (Foto: freepik/wirestock)
Warna emas adalah warna yang diinginkan oleh sang pendiri menara, Gustave Eiffel. (Foto: freepik/wirestock)

Panas menyebabkan volume menara bertambah beberapa sentimeter (cm). Fenomena tersebut juga menyebabkan menara sedikit "menjauhi" matahari, yang hanya menyinari satu dari empat sisi menara.

Sebaliknya, saat musim dingin, struktur logam di Menara Eiffel berkontraksi, sehingga tingginya berkurang beberapa sentimeter. Selain pemasangan antena baru, masih akan ada perubahan lain yang akan dilakukan terhadap menara ini. Salah satunya adalah pengecatan Menara Eiffel dengan nuansa emas jelang Olimpiade 2024.

Baca juga:

Enggak Cuma Menara Eiffel, Nih Alasan Lain Mengapa Kamu Harus Traveling ke Prancis

Ada beberapa fakta menarik tentang menara ini. (Foto: Pixabay/philriley427)
Ada beberapa fakta menarik tentang menara ini. (Foto: Pixabay/philriley427)

Dilansir dari Mirror.co.uk, warna emas adalah warna yang diinginkan oleh sang pendiri menara, Gustave Eiffel. Warna emas di Menara Eiffel saat Olimpiade, akan memberinya sedikit peremajaan," kata CEO Société d'Exploitation de la Tour Eiffel, Patrick Branco Ruivo, kepada France Info.

Menara Eiffel sebenarnya telah dicat ulang sebanyak 18 kali sejak awal pembangunannya. Adapun pengecatan memakan waktu yang cukup lama lantaran ada sekitar 250.000 meter persegi permukaan menara yang harus dicat. (DGS)

Baca juga:

#Menara Eiffel
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan