Fakta Gereja Westminster Abbey Dalam Kehidupan Bangsawan Inggris

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Senin, 19 September 2022
Fakta Gereja Westminster Abbey Dalam Kehidupan Bangsawan Inggris
Wesminster Abbey dibangun pada abad ke-11 oleh Raja Edward the Confessor. (Foto: instagram/princesscatherineofwaless)

WESTMINSTER Abbey menjadi sorotan setiap kali peristiwa penobatan, pernikahan dan kematian khususnya bagi keluarga bangsawan Inggris. Gereja tradisional ini berada di pusat kota London.

Pada hari Senin (19/9), Westminster Abbey menjadi tempat pemakaman kenegaraan Ratu Elizabeth II, yang telah meninggal dunia pada 8 September di Balmoral, Skotlandia, pada usia 96. Saat menikah dan dinobatkan, Ratu Elizabeth II juga melaluinya di Biara Westminster Abbey.

Baca Juga:

Alunan Bagpipe untuk Menutup Upacara Pemakaman Ratu Elizabeth II

"Hubungan Yang Mulia Ratu Elizabeth II dengan Westminster Abbey berjalan seperti benang melalui kehidupan awal dan masa pemerintahannya yang panjang. Sebagai anak perempuan berusia 11 tahun, ia menyaksikan ayahnya dinobatkan di sini. Sebagai perempuan dewasa muda, dia menikah di sini dan dinobatkan sebagai Ratu di sini. Ia terus datang ke Abbey secara teratur untuk menghadiri perayaan dan peringatan penting nasional dan internasional. Begitu pula untuk menghadiri pernikahan dan pemakaman keluarga," demikian keterangan laman web Abbey.

Raja pertama yang dimakamkan di Abbey adalah Raja Edward pada tahun 1066. (Foto: instagram/theroyalfamily)

Mengutip Reuters, inilah beberapa fakta keberadaan Westminster Abbey dalam kehidupan keluarga bangsawan Inggris:

- Gereja asli yang dibangun di situs biara pada abad ke-11 oleh Raja Edward the Confessor. Gereja ini sekarang menjadi salah satu landmark paling terkenal di ibu kota Inggris. Gereja ini dibangun pada tahun 1245, konstruksi awal dimulai di bawah naungan Raja Henry III.

-Pernikahan Ratu Elizabeth II dengan Pangeran Philip berlangsung pada 20 November 1947. Penobatannya dilakukan pada 2 Juni 1953. Kunjungan terakhirnya bersama Pangeran Philip adalah untuk acara Thanksgiving pada 29 Maret 2022.

Baca Juga:

Hubungan Istimewa antara Ratu Elizabeth II dan Windsor Castle

-Anak perempuan Ratu Elizabeth II, Putri Anne dan Kapten Mark Phillips menikah di sana pada 14 November 1973.

- Pernikahan cucu Ratu Elizabeth II, yaitu Pangeran William dengan Kate Middleton berlangsung di Abbey pada 29 April 2011.

- Menjadi tempat pemakaman Putri Diana pada 6 September 1997, dan pemakaman Ibu Suri pada 9 April 2002.

- Raja pertama yang dimakamkan di Abbey adalah Raja Edward pada tahun 1066. Hingga tahun 1760, 13 raja Inggris dan empat ratu yang memerintah termasuk Elizabeth I, dimakamkan di sana.

Hubungan Ratu Elizabeth II dengan Westminster Abbey berjalan seperti benang melalui kehidupan awal dan masa pemerintahannya yang panjang. (Foto: instagram/@theroyalfamily)

- Mary Queen of Scots juga dimakamkan di Abbey. George II adalah raja terakhir yang dimakamkan di sana. Sejak itu pemakaman kerajaan dilakukan di Kapel St. George, Kastil Windsor atau di mausoleum di Frogmore, sebuah perkebunan yang bersebelahan dengan kastil.

-William Sang Penakluk dimahkotai di Abbey pada Hari Natal tahun 1066. Penobatan setiap raja sejak itu telah terjadi di sana, kecuali Edward V, yang tidak pernah dimahkotai, dan Edward VIII, yang turun tahta.

- Delapan perdana menteri dan sejumlah tokoh militer Inggris, penyair ternama, dan tokoh terkemuka lainnya juga dimakamkan di Abbey. Bahkan, Abbey juga menjadi tuan rumah untuk pemakaman Prajurit Tidak Dikenal yang telah berjasa. (dgs)

Baca Juga:

Travel in Style, Gaya Pelesir Ratu Elizabeth II

#Kerajaan Inggris #Travel #Ratu Elizabeth
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan