Fakta-Fakta Unik tentang Soto Betawi Soto Betawi. (Foto: Instagram@manise_cafe)

IBU Kota Jakarta punya banyak makanan tradisional terkenal. Salah satunya yang sudah melegenda yaitu soto Betawi.

Soto betawi menjadi salah satu kuliner khas Ibu Kota Jakarta paling populer. Soto betawi terkenal dengan rasanya yang sangat nikmat.

Perpaduan bumbu dalam kuah santan kental sangat pas untuk teman nasi kala lapar. Berikut merahputih.com sajikan 5 fakta unik tentang soto Betawi;

1. Nama Suku

Soto Betawi berbeda dengan kebanyakan soto terkenal nusantara lainnya yang menggunakan nama tempat asalnya, seperti soto lamongan, soto kudus, soto banjar, soto makassar, dll. Soto betawi menyematkan nama suku yang berarti soto orang Betawi.

2. Lie Boen Po

Sejarah soto Betawi yang berkembang saat ini berasal dari seorang Tionghoa bernama Lie Boen Po. Meski sebelumnya telah ada makanan ini, tapi Lie yang kemudian memopulerkan nama soto Betawi.

3. Santan dan susu

Citarasa santan dalam soto betawi tetap dipertahankan hingga kini. Namun belakangan, penggunaan santan ada yang tergantikan dengan susu karena terkait dengan kesehatan.

5. Sup Betawi

Soto betawi tak hanya terkenal di nusantara. Banyak orang asing pun mengenali soto betawi sebagai makanan yang enak dan menggugah selera dengan nama sup Betawi. (zul)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Kue Gandus, Si Lembut Ber-topping Cantik dari Palembang

Kredit : zulfikar

Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH