Fakta-Fakta Unik Tentang Kopi yang Jarang Diketahui Ada hal-hal menarik di balik kopi. (Foto: Pixabay/christoph)

KOPI merupakan salah satu minuman yang paling populer di dunia. Kenikmatan rasanya membuat kopi tetap dicintai tanpa menyembunyikan pahitnya diri.

Tak mengherankan jika rata-rata penikmat kopi di 'Negeri Paman Sam' mengonsumsi kopi rata-rata 3 cangkir per harinya, seperti yang dilansir Genius Beauty.

Jangan kebanyakan ngopi. (Foto: Pixabay/publicdomainpictures)

Namun, tahukah anda jika di balik kenikmatan kopi ada beberapa fakta unik dan menarik yang jarang diketahui? Berikut 5 fakta unik tentang kopi.


1. Meminum Kopi Berlebihan Cukup Berbahaya

Disamping ragam manfaat yang terkandung dalam kopi. Jika kamu meminum terlalu banyak, maka akan sangat berbahaya. Bahkan, jika kamu minum sekitar 80 cangkir (dalam sekali duduk) kamu mungkin tak bisa keluar hidup-hidup. Tapi, meski tak ada yang menyarankan untuk mencoba hal itu, ternyata itu merupakan masalah yang cukup serius. Hingga FDA mengeluarkan peringatan tentang kemungkinan bahaya yang terkait dengan kafein bubuk pada tahun 2015 silam.

2. Kafein Dapat Tingkatkan Libido

Hal ini berlaku untuk pria dan juga wanita. Hal ini telah berhasil dibuktikan oleh peneliti, jika hal itu berhasil pada tikus. Namun, jika kamu merupakan peminum kopi rutin atau meminum kopi setiap hari, maka kemungkinan kamu tak akan mendapatkan efek ini.

3. Salah satu yang paling populer di sektor perdagangan dunia.

Minyak merupakan barang yang paling banyak diperdagangkan diseluruh dunia. Namun, tahukah kamu siapa ditempat keduanya? itu adalah Kopi. Bahkan lebih dari 50 negara telah menjadi produsen kopi. Selain itu, industri ini juga membuat para pentani diseluruh dunia miliki kesempatan potensial dalam bisnis.

Faktor alam mempengaruhi tekstur kopi. (Foto: Pixabay/alexas_fotos)

4. Faktor Ketinggan Pengaruhi Kekerasan Biji Kopi

Menurut petani kopi berpengalaman, saat tanaman kopi ditanam pada ketinggian yang lebih tinggi, akan menghasilkan biji yang jauh lebih keras. Ini karena ketika kopi ditanam di dataran tinggi, kopi akan matang jauh lebih lambat. Akibatnya ia memiliki kesempatan untuk mengembangkan lebih banyak rasa, konsentrasi gula yang lebih tinggi dan lebih banyak karakter.

5. Kopi Mendukung Kehidupan Lebah Madu

Menurut statistik pertanian Nasional Amerika Serikat, lebah madu telah mengalami penurunan pada tingkat yang mengejutkan. Faktanya, pada tahun 1947 ada sekitar 6 juta sarang di Amerika serikat, dan pada tahun 2008 menurun hingga menjadi 2,4 juta. Itu menandakan penurunan lebih dari 60 persen. Sementara itu, beberapa orang telah membantu mengurangi penurunan populasi lebah madu, mereka menyediakan akses ke tanaman yang mereka sukai dan juga dapat bermanfaat. Itu adalah tanaman kopi.

Pasalnya, lebah madu lebih tertarik pada bunga yang ditemukan di pohon-pohon kopi. Saat lebah memakan nektar yang dihasilkan oleh bunga kopi, mereka juga memakan kafein, dimana kafein pada lebah memberikan dorongan energi dan ini akan meningkatkan kerja serta konsetrasi lebah. Hal itu tentunya akan membantu meningkatkan populasi lebah madu yang menurun.

Nah itu dia beberapa fakta menarik tentang kopi, dari begitu banyaknya fakta tentang kopi di dunia ini. (ryn)

Baca juga yuk artikel menarik yang lainnya Video Jokowi "Goyang Dayung" di Pembukaan Asian Games Jadi Viral

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH