Fakta-Fakta Tersembunyi Dibalik Babak 16 Besar Liga Champions UEFA telah menetapkan pembagian tim 16 besar Liga Champions (Foto: Twitter @ChampionsLeague)

MerahPutih.Com - Babak 16 besar Liga Champions selalu menghadirkan fakta-fakta menarik dan mendebarkan. Selain tim-tim yang akan berlaga adalah tim juara dan penuh bintang, ada hal-hal tersembunyi yang kerap menjadi senjata rahasia setiap klub.

Senjata rahasia tersebut misalnya, statistik, sejarah pertemuan dan kekuatan per lini yang menjadi andalan klub masing-masing.

Salah satu laga sengit yang bakal terjadi adalah saat Liverpool bertemu raksasa Jerman, Bayern Munchen. Seperti diketahui, manajer Liverpool, sudah tidak asing lagi dengan Bayern ketika dia menangani Borussia Dortmund.

Adu hebat Pogba vs Neymar
Paul Pogba (MU) vs Neymar (PSG) (Foto: Twitter @ChampionsLeague)

Laga lain yang tidak kalah seru adalah Manchester United yang akan menantang tim sarat bintang Prancis, Paris Saint-Germain. Ini tentu bukan kabar menggembirakan bagi United yang tertatih di Premier League.

Berikut fakta menarik dari hasil undian 16 besar Liga Champions 2018-19:

1. Terakhir kali Liverpool melawan Bayern terjadi di Piala Super Eropa 2001. Saat itu Liverpool menang 3-2.

2. Dalam karier Jurgen Klopp, Bayern merupakan tim yang paling sering dilawannya (29 laga: 9 menang, 4 imbang, 16 kalah). Pada final Liga Champions 2013, Dortmund asuhan Klopp dikalahkan Bayern 1-2.

3. Spurs mengalahkan Dortmund di kandang (3-1) dan tandang (2-1) pada fase penyisihan grup Liga Champions musim lalu.

3. Real Madrid selalu menang dalam enam pertemuan terakhir melawan Ajax Amsterdam. Pada enam laga itu, total Madrid membuat 20 gol dan hanya kebobolan dua.

4. Barcelona belum pernah kalah dari enam pertemuan terakhir melawan Lyon, menang empat kali dan imbang dua.

Nabil Fekir vs Lionel Messi
Nabil Fekir (Lyon) vs Lionel Messi (Barca) (Foto: Twitter @ChampionsLeague)

5. Atletico belum pernah kalah dalam sembilan laga terakhir melawan klub asal Italia, tujuh menang dan dua imbang.

6. Porto menang agregat 4-1 dalam playoff Liga Champions musim lalu.

7. Mario Mandzukic bermain untuk Atletico Madrid pada musim 2014/15 dengan mencatat 12 gol dalam 28 penampilan.

8. Manajer Manchester City, Pep Guardiola, memiliki catatan apik melawan Schalke saat melatih Bayern, empat kali menang dan dua kali imbang dalam enam laga.

9. Sayap City, Leroy Sane adalah jebolan Schalke. Selain itu, pemain City lain, Gundogan memiliki rekor tiga kali menang dan sekali imbang dalam lima laga melawan Schalke saat berkostum Dortmund.

10. Liverpool tak terkalahkan dalam delapan laga trakhir melawan klub asal Jerman (6 menang, 2 imbang).

11. Manchester United hanya kalah dua kali dalam 26 laga melawan klub Prancis. Sedangkan PSG hanya lima kali menang dalam 19 laga melawan tim Inggris.

12. Cristiano Ronaldo membuat empat gol dalam enam laga Liga Champions melawan Atletico.

Dari fakta-fakta di atas, PSG vs Manchester United dan Liverpool vs Bayern Munchen layak masuk kategori laga yang harus ditunggu para penggemar sepak bola. Selain duel bintang dan taktik, laga 16 besar senantiasa menghadirkan tontonan sepak bola berkelas dan bersejarah.(bolaskor.com)

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: Atribut Dirusak, Prabowo Ungkap Ikut Tersakiti Saat Partai Demokrat Dilukai



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH