Fakta-Fakta Mengejutkan di Balik Keringat

Rina GarminaRina Garmina - Jumat, 12 Mei 2017
Fakta-Fakta Mengejutkan di Balik Keringat
Jumlah kelenjar keringat pada tubuh manusia mencapai 2-4 juta. (Foto: pixabay.com)

Disadari atau tidak, Anda pasti mengeluarkan keringat meski tidak sedang berolah raga. Saat presentasi di kantor, makan siang dengan semangkuk soto hangat dan sambal pedas. Bersyukurlah Sahabat Merahputih yang sering merasakan berkeringat.

Karena, keringat memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Sirkulasi darah lancar, suhu tubuh tetap dingin dan kulit lebih lembap. Sebenarnya, ada banyak fakta tentang keringat yang mungkin tidak pernah Anda pedulikan. Apa saja fakta-fakta tersebut?

Keringat kaki

Anda pasti kaget saat membaca fakta ini. Kelenjar keringat di kaki Anda lebih banyak daripada di ketiak! Mmm, pantas saja ada orang-orang tertentu yang aroma kakinya kurang sedap.

Keringat pria vs perempuan

Perempuan ternyata memiliki kelenjar keringat lebih banyak daripada pria. Tapi, faktanya, pria berkeringat 2 kali lebih banyak daripada perempuan.

Keringat dan dehidrasi

Terlalu banyak keringat bisa menyebabkan dehidrasi. Manusia normal akan mati bila keringat yang keluar mencapai 12% dari massa tubuhnya.

Keringat dan udara lembap

Keringat lebih sulit menurunkan suhu tubuh saat udara di sekitar semakin lembap. Maka, Anda harus lebih berhati-hati ketika olahraga di daerah yang udaranya lembap.

Jumlah kelenjar keringat

Jumlah kelenjar keringat pada tubuh manusia mencapai 2-4 juta. Anda pasti tidak pernah menyangka kalau kelenjar keringat manusia ada sebanyak itu! Bagian tubuh yang memiliki kelenjar keringat adalah tangan, kaki, dahi, ketiak dan selangkangan.

Baca juga artikel Penularan HIV Bukan Lewat Ludah Ataupun Keringat.

#Keringat #Fakta Unik #Fakta
Bagikan
Ditulis Oleh

Rina Garmina

Cooking Mama :)
Bagikan