Shazam (Sumber: YouTube)

FILM Shazam! menjadi salah satu film yang paling ditunggu oleh para penggemar DC Extended Universe. Bagaimana tidak, film tentang sesosok anak yang berubah menjadi superhero dewasa itu pertama kali muncul di layar lebar. Rencananya film Shazam! akan rilis tanggal 5 April, 19 hari sebelum Avengers: Endgame.

Memang masih terbilang lama jika dihitung dari hari ini. Tapi tak ada salahnya kalau kita mengetahui beberapa fakta menarik tentang Shazam. Apalagi dulu ternyata karakter ini lebih dikenal sebagai Captain Marvel. Dilansir dari penggemardc.com, berikut ini fakta-fakta menarik tentang Shazam.

1. Awalnya adalah Captain Marvel

Shazam dulunya adalah Captain Marvel (Sumber: Ist)
Shazam dulunya adalah Captain Marvel (Sumber: Ist)

Seperti yang dijelaskan tadi, Shazam sebenarnya bukanlah nama pertama karakter ini. Saat pertama kali muncul di muka publik tahun 1940, Shazam dikenal sebagai Captain Marvel. Saat itu Shazam masih dimiliki oleh Whiz Comics yang dipublikasikan oleh Fawcett Comics. Karakter itu sangat pupuler, bahkan penjualanannya bisa melebihi Superman.

Sayangnya, di tahun 1953 DC Comics menggugat Fawcett Comics yang mengakibatkan berhenti memproduksi superhero itu. Hal tersebut karena karakter ini memang meniru Superman, yang membedakannya hanya Shazam adalah seorang anak kecil bernama Billy Batson dengan sihir superhero.

2. Dibeli oleh DC

Shazam sangat mirip Superman (Sumber: Ist)
Shazam sangat mirip Superman (Sumber: Ist)

Perjalanan Captain Marvel berlanjut. Di tahun 1972, DC Comics memberi lisensi kepada Fawcett Comics untuk menerbitkan Captain Marvel. Seiring berjalannya waktu akhirnya DC 100 persen membeli karakter itu tahun 1991 hingga kini kita tahu kalau Shazam adalah karakter milik DC Comics.

Namun DC tidak lagi menggunakan nama Captain Marvel karena Marvel Comics lebih dulu mengajukan hak cipta untuk nama itu di tahun 60an. Mulai saat itu Captain Marvel berubah nama menjadi Shazam. Nama itu merupakan kata mantra Billy Batson saat menjadi sosok superhero dewasa.

3. Muncul di TV

Karakter ini sebenarnya bukan pertama kali muncul sebagai sosok live action. Di tahun 1974 Shazam muncul sebagai serial televisi setengah jam yang diproduksi Filmation. Program ini dibintangi Michael Gray sebagai Billy Batson. Sementara Shazam awalnya dimainkan oleh Jackson Bostwick dan kemudian diganti oleh John Davey.

Serial ini sangat populer dan bertahan hingga tahun 1976. Selain itu Shazam juga sempat muncul tiga kali di episode Isis tahun 1975 hingga 1977. Dalam melakukan petualangan Billy Batson alias Shazam menggunakan sepeda motor Dodge Open Road 1973.



Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH