Fakta-fakta Stadion Santiago Bernabeu yang Kian Sepi, hanya Gara-gara Cristiano Ronaldo? Santiago Bernabeu yang kian sepi setelah ditinggal Ronaldo. (AS)

MerahPutih.com - Kepergian Cristiano berdampak bagi Real Madrid. Tanpa kehadiran Ronaldo, El Real tidak lagi sama seperti tim yang tiga musim terakhir memenangi Liga Champions. Hal itu terasa saat Real Madrid menang 1-0 atas Rayo Vallecano di jornada 16 LaLiga, Minggu (16/12) dini hari WIB. Madrid bermain begitu buruk meski pada akhirnya memenangi laga. Mereka meraih tiga poin dengan istilah 'winning ugly'. Karim Benzema menjadi penyelamat dengan gol tunggalnya.

Bukan cara Madrid meraih kemenangan yang disorot. Tapi permainan tim yang tidak sesuai ekpektasi dari jawara Eropa. Dari 16 pertandingan LaLiga Madrid hanya mencetak 24 gol, ini jadi jumlah gol terendah setelah 16 laga sejak 1993-94.

Madrid benar-benar kehilangan sosok pendulang gol seperti Ronaldo. Di klub barunya, Juventus, Ronaldo sudah mencetak total 12 gol di seluruh kompetisi.

Ronaldo
Cristiano Ronaldo ketika bermain di Real Madrid

Efek kepergian megabintang Portugal itu tak berhenti sampai di situ saja. Dilansir dari media Spanyol, AS, Santiago Bernabeu memiliki rataan jumlah penonton terendah dibandingkan musim-musim sebelumnya saat Ronaldo bermain untuk Madrid.

Ketika melawan Rayo, stadion Santiago Barnebeu hanya diisi 55.229 penonton. Jumlah itu hanya 68 persen dari kapasitas maksimal Bernabeu. Jumlah itu jadi terendah ketiga musim ini setelah pertandingan melawan Melilla (55.243 penonton) dan CSKA Moscow (51.636 penonton).

Dari 12 laga yang sudah dimainkan di Bernabeu musim ini, hanya tujuh di antaranya yang memiliki lebih dari 60.000 penonton, dan satu laga Derby Madrid melawan Atletico Madrid yang dihadiri 70.000 penonton.

Di tahapan yang sama musim lalu, pertandingan Madrid dengan jumlah penonton terendah di Bernabeu terjadi di Copa del Rey melawan Fuenlabrada, yang dihadiri kurang dari 60.000 penonton.

Ternyata kian sepinya Bernabeu bukan hanya gara-gara Ronaldo saja?


Tags Artikel Ini

Thomas Kukuh

LAINNYA DARI MERAH PUTIH