Fakta-Fakta Menarik Seputar Eiko Ishioka Eiko Ishioka desainer kenamaan Jepang (Foto: Screenshot youtube.com)

Eiko Ishioka tercatat sebagai salah satu desainer surealis kenamaan Jepang yang mendunia. Sebagai seniman Asia, desainer kelahiran Tokyo 12 Juli 1938 itu mengawali karirnya di negara asalnya, Jepang. Sejak kecil Eiko Ishioka sudah menunjukan minatnya pada bidang seni.

Bermodal bakat seni, Eiko Ishioka menyelesaikan pendidikan tingginya di Tokyo National University of Fine Arts and Music. Semasa di kampus sebagaimana dilansir dari Washington Post selalu merancang busana panggung untuk kelompok teater kampusnya. Setamat kuliah, Eiko Ishioka mulai menekuni periklanan.

Nah, ada sejumlah fakta menarik seputar Eiko Ishioka yang dirangkum merahputih.com dari berbagai sumber:

1. Meraih Piala Oscar dalam Film “Bram Stoker’s Dracula” garapan sutradara Francis Ford Coppola untuk kategori Best Costume Design pada tahun 1992.

2. Eiko Ishioka juga mendapatkan Grammy Award tahun 1986 untuk desain cover terbaik dalam album Miles Davis bertajuk “Tutu”.

3. Selain sebagai desainer, Ishioka juga pernah menjadi sutradara video klip untuk single “Cocoon” dari Bjork dalam album Vespertine.

4. Eiko Ishioka mendapat kepercayaan dari dunia olahraga yaitu sebagai desainer busana opening ceremony Olimpiade Beijing tahun 2008 dan Olimpiade Musim Dingin di Salt Lake City tahun 2002.

5. Eiko Ishioka menulis buku berjudul Eiko on Stage yang memaparkan desain dan karyanya dalam dunia seni pertunjukan. Selain itu pada tahun 1983, Ishioka mempublikasikan sebuah karya restropektif miliknya dengan judul Eiko by Eiko.

Salah satu desain ikonik karya Eiko Ishioka
Salah satu desain ikonik karya Eiko Ishioka (Foto: cleolinda.tumblr.com)

6. Salah satu desain Eiko Ishioka yang banyak dikenal yakni busana Spider-Man khususnya Spider-Man: Turn Off the Dark.

7. Eiko Ishioka tercatat sebagai salah satu anggota kehormatan Hall of Fame dari Art Directors Club di museum Modern Art, New York.

8. Sebagai seorang desain grafis, Eiko Ishioka termasuk perempuan istimewa manakala mendapat kepercayaan mendesain logo klub basket kenamaan Amerika Serikat Houston Rockets pada tahun 2003. Sampai sekarang logo karya Eiko Ishioka masih dipakai Houston Rockets.

9. Pada tahun 1985, Eiko Ihsioka mendapat penghargaan khusus dari Festival Film Channes untuk desainnya dalam film karya Paul Schrader berjudul “Mishima: A Life in Four Chapters”.

Demikian fakta-fakta menarik seputar desainer surealis kenamaan Jepang, Eiko Ishioka. Atas prestasinya itu, google memasang doodle ulang tahunnya yang ke-79 pada Rabu (12/7).



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH