Fakta-Fakta Menarik Kampung Naga, Komunitas Adat yang Jauh dari Ingar Bingar Modern Suasana Kampung Naga yang berada di antara perbukitan dan hutan di Desa Neglasari, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya. (Foto: Antara/Feri Purnama)

KAMPUNG Naga sangat menarik untuk dikunjungi sebagai destinasi wisata budaya. Tak hanya para pelancong lokal, wisatawan mancanegara juga kerap datang utuk melihat dan merasakan kampung yang benar-benar menjaga erat tradisinya ini.

Wilayah Kampung Naga hanya 1,5 hektare dalam satu rukun tetangga. Kampung ini tepatnya terletak di Dusun Naga, Desa Neglasari, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Kampung Naga hingga kini bertahan dan kokoh memegang teguh adat dan nilai-nilai karuhun atau leluhur mereka.

1. Destinasi budaya wajib ketika ke Jawa Barat

 Kampung Naga. (Foto: instagram.com/nervenruh.blogspot.de)
Kampung Naga. (Foto: instagram.com/nervenruh.blogspot.de)

Meskipun tak berstatus resmi sebagai desa wisata adat, desa ini banyak dikunjungi wisatawan domestik dan mancanegara yang tertarik dengan adat istiadat dan ciri khas penduduknya, kerap ditulis berbagai media yang menayangkan atau menceritakan pesona alam dan kesahajaan penduduknya mempertahankan kearifan lokal.

Bisa dibilang, saat berkunjung ke Jawa Barat, terutama di sekitar Kabupaten Garut, Kabupaten Garut Selatan, Kabupaten Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis, atau dari Kota Bandung, sekalipun, kurang afdol bila tak menyambangi kampung yang berada di lembah dan perbukitan.

2. Kampung Naga berarti lereng curam

 Kampung Naga. (Foto: instagram.com/vix_photoview)
Kampung Naga. (Foto: instagram.com/vix_photoview)

Konon nama kampung itu diambil dari istilah bahasa Sunda, Na Gawir, atau tempat yang ada di lembah atau lereng. Tak ada manuskrip atau catatan sejarah otentik mengenai asal muasal nama kampung itu, tetapi dari cerita turun temurun, istilah Na Gawir itulah yang kemudian dipakai sebagai kebiasaan dengan menyebut Kampung Na Gawir dan lebih terkenal dengan panggilan Kampung Naga.

Kampung Naga merupakan salah satu dari empat dusun di Desa Neglasari, yakni Dusun Naga (lima RT dan dua RW yakni RW 01 dan RW 02), Dusun Tanjak Nangsi (sembilan RT dan tiga RW yakni RW 03, 04, dan O5), Dusun Cikeusik (empat RT dan dua RW yakni RW 06 dan 07), dan Dusun Sukaratu (lima RT dan dua RW yakni RW 08 dan 09).

Kredit : zulfikar

Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH