Fakta-fakta Menarik Dibalik Single Berbahasa Korea dari Afgan Afgan akan merilis sebuah lagu berbahasa korea (Foto: Mp/Rizki fitrianto)

TANGGAL 16 November lalu, merupakan hari yang spesial bagi para Afganisme di Korea. Karena idola mereka, Afgansyah Reza, hadir dan tampil bersama VLIVE di Seoul.

Dalam acara fan meetingnya, Afgan tak hanya bertemu dengan penggemarnya. Ia juga berkesempatan untuk membawakan lagu-lagu hitsnya.

Baca Juga:

Luncurkan Album Ketiga, Isyana Sarasvati Hadirkan Nuansa Musik Berbeda

Diantara deretan lagu yang dibawakannya, ada sebuah lagu yang membuat banyak orang terpukau. Yakni lagu Sudah dari album Dekade dibawakan dengan bahasa Korea.

Tanpa Rencana

Afgan hadirkan single berbahasa korea (Foto: istimewa)

Fakta yang pertama dibalik lagu berbahasa Korea dari Afgan yakni Tanpa Rencana. Penampilan Afgan di Korea memang sudah direncanakan, tapi keputusannya membawakan lagu 'Sudah' dalam bahasa Korea merupakan keputusan mendadak.

Keputusan itu diambil Afgan saat bertemu dengan salah satu tim dari MTV Asia, Adam, saat tengah membuat MTV Ride Afgan.

"Ide ini awalnya dari teman saya, Adam, yang kebetulan orang Korea dan dia kerja di MTV Asia. Jadi waktu shooting untuk acara MTV Ride, saya bercerita ke dia, kalau saya mau perform dan fan meeting di Korea, lalu dia ngasih ide untuk mebawakan lagu itu dalam Bahasa Korea," tutur Afgan.

Ide tersebut tentu bukan tanpa alasan, Karena menurut Adam, lagu Sudah punya melodi balada yang cukup mirip dengan lagu-lagu balada Korea.

Baca Juga:

Geisha Hadirkan Lagu Baru Dengan Nuansa Musik Era 80-an

Lirik Menyatu Dengan Melodi

afgan
Single berbahasa Koreanya sangat diterima. (Foto: MP/Rizki Fitrianto)

Dari saran Adam tersebut, Afgan pun meminta tolong untuk menerjemahkannya dalam bahasa Korea. Siapa sangka, begitu mendapatkan lagu 'Sudah' dalam bahasa Korea, Afgan merasa sangat terpukau dengan hasilnya.

"Akhirnya saya minta tolong ke Adam untuk menerjemahkan lagu ini dalam bahasa Korea. Dan, saat saya bawakan dalam bahasa Korea, semua terasa pas. Adam mampu menerjemahkan lagu ini ke dalam bahasa Korea sehingga lirik dan melodinya bisa menyatu" ucap Afgan.

Melihat hasil tersebut, Afgan merasa sangat takjub dengan hasilnya. Lalu saat dibawakan pada acara fan meeting pun responnya sangat bagus. Hal itu membuat afgan berpikir untuk merekam lagu ini dalam Bahasa Korea, dan mungkin akan dirilis di Korea juga.

Respon baik

Tak hanya dari penggemar di Kroea, Afganisme (sebutan fans Afgan) dari Indonesia, banyak yang jatuh hati dengan lagu Sudah dalam bahasa Korea tersebut. Banyak diantara yang berharap lagu itu diproduksi secara profesional. Bahkan tak sedikit diantaranya yang berharap lagu itu menjadi soundtrack drama Korea.

Melihat antusiasme yang luar biasa itu, akhirnya Trinity Optima Production selaku pihak label, meluncurkan kembali. Dan lagu tersebut telah bisa didengarkan di akun VLIVE Afgan pada tanggal 29 November 2019, dan bisa ditonton di YouTube Trinity Optima Production pada tanggal 1 desember 2019 mendatang. (ryn)

Baca Juga:

Cekidot Partygoers, Ini Dia Full Lineup DWP 2019

Kredit : raden_yusuf


Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH