Fakta-Fakta Menarik Dibalik Laga Belanda vs Inggris Malam Tadi Logo grafis Belanda vs Inggris pada UEFA Nations League (Foto: screenshot youtube.com)

MerahPutih.Com - Laga semifinal UEFA Nations League Belanda kontra Inggris menghadirkan drama pada babak perpanjangan waktu.

Pertandingan yang berlangsung di di Estadio D. Afonso Henriques, Guimaraes, Portugal, Jumat (7/6) dini hari WIB itu sempat melambungkan hati para pendukung Inggris setelah Marcus Rashford melesakan gol lewat titik putih pada menit ke-32.

Skuat asuhan Gareth Southgate itu tak mampu menambah keunggulan, malah pada menit ke-73 De Ligt menebus kesalahannya dengan mencetak gol balasan. Pertandingan pun harus dilanjutkan ke babak tambahan.

Gol bunuh diri Kyle Walker (97' OG) dan gol Quincy Promes (114') menjadi pembeda pada babak tambahan. Belanda berhak melangkah ke final dan akan menantang Portugal.

Marcus Rashford
Marcus Rashford telah mencetak tiga gol lewat penalti bagi Timnas Inggris (Foto: Zimbio)

Pertandingan itu juga menghadirkan sejumlah fakta menarik yang dikutip dari bolaskor.com antara lain:

1. Timnas Belanda untuk pertama kalinya mencetak dua gol pada perpanjangan waktu sejak terakhir kali melakukannya ketika melawan Belgia pada 1907.

2. Timnas Inggris pertama kami kebobolan tiga gol dalam pertandingan internasional sejak kalah melawan timnas Jerman 4-1 pada Piala Dunia 2010.

3. Kyle Walker adalah pemain pertama yang mencetak gol bunuh diri untuk timnas Inggris sejak Eric Dier melakukannya ketika melawan Australia pada Mei 2016.

4. Marcus Rashford telah mencetak tiga gol melalui titik putih ketika membela timnas Inggris dan Manchester United.

5. Selain itu, Rashford mendulang empat gol dalam tujuh penampilan terakhir bersama The Three Lions. Jumlah itu satu lebih banyak dari 25 pertandingan pertamanya.

Raheem Sterling menjadi kapten Timnas Three Lions
Raheem Sterling pemain termuda ketiga yang mencatatkan 50 pertandingan bersama Inggris (Foto: Zimbio)

6. Raheem Sterling menjadi pemain termuda ketiga yang mampu mencatatkan 50 pertandingan bersama timnas Inggris (24 tahun 180 hari). Penyerang Manchester City itu berada di belakang Wayne Rooney (23 tahun 159 hari) dan Michael Owin (23 tahun 179 hari).

7. Ini merupakan pertandingan ke-34 Gareth Southgate bersama timnas Inggris. Rata-rata usia pemain yang ia turunkan dalam starting lineup adalah 24 tahun 156 hari.

8. Frenkie de Jong mencatatkan 105 umpan, 128 sentuhan, 5 tekel, dan 13 recoveries selama pertandingan melawan Inggris. Hal itu menjadi catatan terbaik dibanding pemain lainnya.

9. Matthijs de Ligt adalah pemain Belanda pertama yang membuat timnya mendapatkan hukuman tendangan penalti dan mencetak gol dalam satu pertandingan sejak Stevan de Vrij melakukannya ketika bersua Spanyol pada 2014.

BACA JUGA: Ketiga Kalinya Bentrok dengan Skuat Asuhan Indra Sjafri, Begini Reaksi Pelatih Thailand

Portugal vs Swiss: Cristiano Ronaldo si Jenius Sepak Bola

Belanda akan menjamu tuan rumah Portugal pada laga final nanti. Siapakah yang akan keluar sebagai pemenang diantara keduanya? Mampukah Portugal mengawinkan juara Eropa dan UEFA Nations League? Yang jelas, laga Belanda vs Portugal layak ditunggu.(*)



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH