Film

Fakta di Balik Oscar 2018, Banyak Kulit Berwarna

P Suryo RP Suryo R - Kamis, 22 Februari 2018
Fakta di Balik Oscar 2018, Banyak Kulit Berwarna
Oscar akan dihelat pada tanggal 4Maret 2018. (Foto: pixabay/kalhh)

PERHELATAN akbar industri film sebentar lagi akan berlangsung. Tak terasa sudah hampir setahun sejak peristiwa amplop yang tertukar.

Setelah melewati festival lainnya yang tak kalah akbarnya, seperti Golden Globes, SAG Awards dan Critic's Choice Awards, maka Oscar atau resminya disebut Academy Awards menjadi muaranya. Meskipun bukan muara semua pada industri perfilman, namun perhelatan ini seperti menjadi tolok ukur dari perfilman internasional (baca: Hollywood).

Fakta yang ada pada Oscar 2018 (The 90th Academy Awards), meliputi:

Kapan

Perhelatan ke 90 Academy Awards akan diadakan pada tanggal 4 Maret 2018 pukul 20.00 waktu setempat. Oscar 2018 mengalah karena ada Olimpiade Musim Dingin yang berlangsung dari tanggal 9 Februari sampai 25 Februari.


Dimana

Oscar 2018 akan digelar di Dolby Theatre Hollywood yang sudah menjadi langganan sejak 2002. Akan disiarkan oleh ABC dan stream pada ABC Go.

jimmy kimmel
Jimmy Kimmel untuk kedua kalinya membawakan perhelatan Academy Awards. (Foto: oscar.org)


Pembawa Acara

Jimmy Kimmel menjadi pembawa acara ini. Kimmel sudah dua tahun membawakan perhelatan Oscar. Maka bersiaplah dijahilin oleh Kimmel.

Nominasi

The Shape of Water dengan 13 nominasi, Dunkirk dengan 8 nominasi dan Three Billboards Outside Ebbing, Missouri. Frances McDormand dan Gary Oldman dijagokan sebagai aktor dan aktris terbaik, Sam Rockwell dan Allison Janney sebagai pemeran pembantu.


Yang Malang

Meskipun mendapatkan review positif namun film The Post hanya kebagian dua nominasi. Sedangkan yang gagal adalah Wonder Woman meskipun dianggap sebagai perwakilan dari budaya pop kemudian Disaster Artist terpengaruh kasus perundungan James Franco. Steven Spielberg tidak kuat untuk masuk dalam Oscar tahun ini.

Rekor

Rachel Morrison director of photography untuk film Mudbound menjadi wanita pertama yang dinominasikan untuk kategori sinematografi terbaik. Greta Gerwig dengan Lady Bird menjadi sutradara wanita kelima yang masuk dalam nominasi sutradara terbaik, sejak Kathryn Bigelow memenangkan Oscar tahun 2009. Mary J. Blige dengan Mudbound menjadi orang pertama yang dinominasikan untuk akting dan lagu orisinil. Jordan Peele menjadi orang kulit hitam pertama yang dinominasikan untuk kategori sutradara terbaik dan naskah terbaik. Agnes Varda yang berusia 89 tahun menjadi orang paling tua menerima nominasi untuk kategori dokumenter.


Voter

Oscar terdiri dari anggota dari Academy of Motion Pictures and Sciences yang tersebar dalam 17 cabang. Di dalam keanggotaan itu terdiri dari aktor, penulis, sinematografer dan sutradara. Anggotanya juga meliputi orang-orang yang pernah ternominasi untuk Oscar dan yang memenuhi kriteria untuk menjadi pemilih. Hasil pemilihan ditabulasikan oleh Pricewater House.

Sejak terjadinya kontroversi warna kulit di tahun 2016. Maka Academy kemudian menambah jumlah anggotanya, 30% anggotanya sejak tahun 2017 adalah orang-orang di luar kulit putih.


Pemberi Oscar

Untuk pemberi Oscar tahun ini terdiri dari pesohor-pesohor seperti Mahershala Ali, Viola Davis, Emma Stone, Greta Gerwig, Margot Robbie, Kumail Nanjiani, Chadwick Boseman, Laura Dern, Jennifer Garner, Tiffany Haddish, Tom Holland dan Daniela Vega

Sedangkan kelompok berikutnya meliputi Gal Gadot, Zendaya, Mark Hamill, Oscar Isaac, Kelly Marie Tran, Gina Rodriguez, Armie Hammer, Lin-Manuel Miranda, Wes Studi dan Eva Marie Saint. (psr)

#Piala Oscar 2018
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan