Jenesys 2018

Fakhri Husaini: Gelar Juara Berkat Kerja Keras Pemain

Andika PratamaAndika Pratama - Senin, 12 Maret 2018
Fakhri Husaini: Gelar Juara Berkat Kerja Keras Pemain
Timnas Indonesia U-16. Foto: PSSI

MerahPutih.com - Pelatih timnas Indonesia U-16, Fakhri Husaini, merasa bangga dengan prestasi yang dicapai timnya setelah menjuarai turnamen Jenesys 2018 di Jepang.

Skuat Garuda Asia menjadi kampiun usai mengalahkan Vietnam U-16 dengan skor 1-0 di laga final yang dilangsungkan di Lapangan Kirishima Yamazakura Miyazaki Prefectural Comprehensive Sports Park Pitch 1, Senin (12/3).

"Cukup membanggakan. Ini juga berkat dukungan dan doa masyarakat Indonesia. Tentu saja kerja keras para pemain selama pemusatan latihan sampai pertandingan di Jenesys. Para pemain bermain tidak ada takutnya. Semua lawan dihadapi dengan gagah berani," kata Fakhri dilansir laman resmi PSSI

Gol semata wayang timnas U-16 dicetak oleh Rendy Juliansyah dari titik putih penalti. Hadiah penalti didapat Indonesia atas pelanggaran yang dilakukan oleh salah satu pemain Vietnam di kotak terlarang.

Pemain bernomor punggung 10 itu tidak menyia-nyiakan kesempatan dan kepercayaan yang diberikan. Dengan percaya diri Rendy menceploskan bola ke gawang lawan pada menit ke-64.

Penampilan Sutan Zico dan kawan-kawan di turnamen Jenesys dinilai baik. Pada penyisihan grup, Filipina dihajar 7-1 dan Kamboja 5-0. Sementara di babak semifinal giliran tuan rumah Jepang dikalahkan 1-0.

Mengenai hasil ini, Fakhri mengatakan semuanya merupakan buah dari usaha kerja keras timnya. Namun, menurut Fakhri evaluasi tetap dilakukan karena turnamen ini merupakan target antara menuju Piala AFF U16 dan Piala Asia U-16.

"Tentu target besar kita lolos ke Piala Dunia U17 tahun 2019 dengan syarat lolos ke semifinal Piala Asia U16," ujarnya.

Ditambahkan, hasil ini diharapkan bisa mengangkat moral dan motivasi pemainnya. Hasil ini juga menjadi tonggak kebangkitan sepak bola Indonesia di pembinaan usia muda.

Dalam turnamen ini David Maulana juga mendapatkan penghargaan sebagai pemain terbaik selama gelaran Jenesys 2018.

Piala ini merupakan yang kedua kalinya setelah sebelumnya di turnamen Tien Phong Vietnam tahun 2017 dan merupakan piala pertama mereka di tahun ini. (*)

#Timnas Indonesia U-16
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan