Fajar/Rian Kecewa Tersingkir dari Kejuaraan Dunia 2023

Andika PratamaAndika Pratama - Kamis, 24 Agustus 2023
Fajar/Rian Kecewa Tersingkir dari Kejuaraan Dunia 2023
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Foto: ANTARA/HO-PP PBSI

MerahPutih.com - Hasil kurang baik diraih ganda putra peringkat satu dunia asal Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di Kejuaraan Dunia 2023.

Fajar/Rian harus angkat koper lebih cepat setelah diadang pasangan Lee Jhe Huei/Yang Po Hsuan di babak 32 besar, Rabu (23/8). Fajar/Rian kalah dua gim langsung 18-21, 19-21 dari duo asal Taiwan itu setelah berjuang dalam 39 menit.

Baca Juga

Bagas/Fikri Hadapi Lawan Berat Pada Babak 16 Besar Kejuaraan Dunia BWF 2023

"Kami kecewa dengan kekalahan ini. Kami belum bisa menampilkan performa terbaik. Kami memang tidak bermain baik dalam pertandingan ini," ungkap Rian melalui informasi resmi PP PBSI di Jakarta, Kamis (24/8).

Kekalahan tersebut diakui mereka tidak sesuai dengan harapan, apalagi mereka tampil sebagai unggulan teratas pada turnamen bergengsi tersebut. Apalagi pasangan Lee/Yang juga bermain sangai baik dengan menampilkan pola yang agresif dan pertahanan yang rapat.

"Maaf belum bisa tampil maksimal dan melaju ke babak selanjutnya. Permainan kami tak sesuai dengan harapan. Lawan juga bermain sangat baik dan kami tak bisa keluar dari tekanan," tutur Fajar.

Baca Juga

Indonesia Open 2023 Dibanjiri Pebulu Tangkis Top Dunia

Fajar/Rian menuturkan bahwa status mereka sebagai ganda putra peringkat satu dunia tidak menjadi beban saat bermain. Hanya saja, atmosfer pertandingan di Kejuaraan Dunia berbeda jika dibandingkan dengan turnamen lain.

Oleh sebab itu, butuh fokus dan kualitas permainan yang lebih tinggi dibanding turnamen BWF lainnya. Sayangnya Fajar/Rian tidak dalam bentuk terbaiknya saat menghadapi Lee/Yang malam itu.

"Tampil di Kejuaraan Dunia itu memang harus memiliki fokus yang luar biasa dan performa terbaik. Mungkin kami terlalu menggebu-gebu tampil di sini, tetapi hasil akhirnya malah tidak sesuai harapan," ujar Fajar.

Setelah kekalahan tersebut, Fajar/Rian hanya bisa melakukan evaluasi untuk persiapan menghadapi turnamen-turnamen selanjutnya. Konsistensi dan stabilitas permainan menjadi aspek terbesar yang harus mereka benahi.

"Kami tentu tidak mau dengan hasil seperti ini. Kami harus introspeksi lagi dengan kekalahan ini untuk menghadapi turnamen-turnamen berikutnya," tutup Fajar. (*)

Baca Juga

Tim Para Bulu Tangkis Sumbang Emas Perdana bagi Indonesia di APG 2023

#Muhammad Rian Ardianto/Fajar Alfian #BWF World Championships
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan