Fajar/Rian Bertarung di Final Malaysia Open

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Minggu, 15 Januari 2023
Fajar/Rian Bertarung di Final Malaysia Open
Ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto . (Foto: Antara)

MerahPutih.com - Ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang melaju ke babak final Malaysia Open 2023.

Pasangan ini melaju berkat kemenangan atas Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae di semifinal, Sabtu (14/1).

Baca Juga:

Apriyani/Fadia Gagal ke final Malaysia Open 2023

Pasangan peringkat satu dunia itu mengalahkan ganda putra asal Korea Selatan dengan dua gim langsung 21-18, 21-17 dalam pertandingan yang berlangsung di Axiata Arena, Kuala Lumpur.

Hasil positif tersebut sekaligus menjadi revans bagi Fajar/Rian atas Kang/Seo usai dikalahkan pada pertemuan perdana pada Korea Open 2022, seperti dilansir laman resmi BWF.

Fajar/Rian tidak bisa langsung in dalam pertandingan sehingga sempat terseok dan tertinggal pada awal gim. Meski begitu duo Indonesia tak menyerah dan terus meningkatkan konsistensi pertahanan.

Hingga akhirnya lewat jeda interval, Fajar/Rian membalikkan keadaan melalui perolehan tiga poin. Skor yang semula 13-15 diubah oleh Fajar/Rian menjadi 16-15.

Fajar/Rian semakin berani memberikan balasan kepada Kang/Seo. Duo Korea terus berusaha agresif, memberikan smes dan drive kepada Fajar/Rian.

Namun Fajar/Rian lebih siaga dan berusaha mencegat setiap pukulan dari Kang/Seo dari area depan net. Posisi tersebut menguntungkan Fajar/Rian karena mampu memutus serangan lawan secara cepat.

Alhasil wakil Indonesia mampu menyudahi tekanan dan memenangi gim pembuka dalam 21 menit.

Pola dan strategi Fajar/Rian pada gim kedua sudah semakin matang. Mereka mampu mengantisipasi hampir semua serangan Kang/Seo dan lebh sabar dalam memainkan reli sebelum mematikan lawan.

Fajar/Rian secara cepat mengunci keunggulan sejak awal gim, dengan mengamankan skor 5-4, 8-5, 11-8, hingga 16-11. Selisih lima poin membuat pola permainan Kang/Seo tak terkontrol dan tidak sabar.

Kesalahan pengembalian yang dibuat Kang/Seo terbukti menguntungkan posisi Fajar/Rian untuk sampai pada match point. Meski begitu Kang/Seo sempat memberikan perlawanan kepada Fajar/Rian dan mengejar 20-17.

Pasangan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto menuturkan kunci kemenangan mereka atas Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae dalam semifinal Malaysia Open 2023 adalah belajar dari pengalaman pertemuan sebelumnya tahun lalu.

"Kami sebelumnya sudah mempelajari permainan lawan dan faktor kekalahan kami di pertemuan sebelumnya. Semalam pun menonton video dan juga mengulang video siang tadi. Juga diskusi dengan pelatih," kata Fajar.

Baca Juga:

Malaysia Open 2023: Ginting Tersingkir di Perempat Final, Tunggal Putra Habis

#Bulutangkis Indoensia #Badminton
Bagikan
Bagikan