Inspirasi
Faiz Aljufri, Tempuh Berbagai Cara demi Wujudkan Mimpi Faiz Aljufri memulai bisnis dari berdagang korek custom. (Instagram/faizaljufri)

SEMUA orang pasti mempunyai mimpinya masing-masing. Dalam mewujudkan mimpi tersebut, dapat dipastikan mengalami proses yang panjang dan pernah mengalami kegagalan.

Salah satu cara merespon kegagalan yang dilakukan adalah pantang menyerah dalam menghadapi tantangan, demi mewujudkan mimpi-mimpi tersebut.

Bermula dari mimpinya yang ingin memiliki lima perusahaan sebelum meginjak usia 30 tahun, Faiz Aljufri berniat untuk membangun kedai kopi bersama sepupunya.

Kala itu, Faiz hampir tidak bisa memasuki jenjang kuliah dikarenakan kondisi ekonomi keluarga yang sedang menurun. Alhasil, orangtua dari Faiz hanya bisa memberikan uang untuk modal ia membangun usaha.

Baca juga:

Dari Terpaksa Jual Alat Musik, Gibson Putra Menuju Kesuksesan

Namun takdir berkata lain, rezeki pun datang dan Faiz dapat berkuliah jurusan Marketing di salah satu universitas swasta. Meski demikian, pria berusia 21 tahun tersebut merasa uang saku yang diberikan orangtuanya kurang untuk keseharian ia di luar.

Maka dari itu, ia berinisiatif membuka bisnis korek custom yang bisa dibilang ‘jauh’ dengan niat awal membangun usaha kedai, namun sesuai dengan modalnya saat itu.

“Sebelum kuliah memang berniat membangun kedai kopi tapi karena modal usaha dipakai untuk uang kuliah dan uang jajan perminggu sangat sedikit, jadinya inisiatif bikin bisnis korek custom yang memang modalnya nabung dari uang jajan sendiri selama dua minggu. Modalnya cuma Rp 300 ribu,” kata Faiz

“Insya Allah penghasilan dari bisnis korek ini juga bakal ditabung untuk modal usaha kedai yang udah direncain dari awal.” Lanjutnya.

Dengan modal Rp300 ribu, Faiz membeli 50 korek Cricket dari distributor. Lalu ia meminjam laptop temannya untuk mendesain seluruh gambar yang ia garap dari pinterest.

Kemudian seluruh desain gambar tersebut pun ia cetak. Setelah itu, ia mencoba berjualan di sekitar kampus dan mendapat respon yang baik.

“Selesai kelas langsung taro beberapa korek custom di pedagang starling (kopi) kampus, akhirnya pada bertanya siapa yang jual korek custom. Ternyata respon dari mahasiswa kampus pun bagus dan saya berani untuk restok korek dengan jumlah banyak.” Ujar Faiz.

Faiz Aljufri, Tempuh Berbagai Cara demi Wujudkan Mimpi
Salah satu desain korek Fllama Flame. (Instagram/FllamaFlame)

Dengan penjualan yang mulai meningkat, akhirnya Faiz beralih berjualan melalui Instagram. Penghasilan yang ia dapatkan pun terbilang banyak, hingga ia dapat endorse beberapa influencer terkenal di instagram. Namun umumnya dalam berbisnis, pasti selalu ada hambatan atau masalah yang datang.

“Namanya ngejalanin bisnis pasti ada aja masalah. Waktu itu ada kenalan yang kerja di tempat percetakan dan selalu ngurusin desain stiker yang saya cetak. Disitu ternyata dia berkhianat dengan ngejualin korek custom dari hasil mencuri desain yang saya buat dan dia juga lewat instagram tanpa sepengetahuan saya.” ujar Faiz.

Baca juga:

Hanya dari Hobi Jadi Pebisnis Ikan Cupang

Faiz Aljufri, Tempuh Berbagai Cara demi Wujudkan Mimpi
Kedai kopi Chill In Oasis. (Foto: Faiz Aljufri)

Pada saat itu Faiz merasa terpuruk. Namun, dengan motivasi yang selalu ia terima dari lingkungannya, Faiz mulai bangkit kembali dan terus menghasilkan desain gambar sesuai tren. Ia pun mengatakan bahwa bisnis yang bagus itu ialah bisnis yang bisa menjadi inspirasi bagi orang lain.

Di benak Faiz membangun kedai kopi selalu jadi mimpinya. Dengan bisnis korek custom yang terus meningkat, Faiz yakin dan melihat peluang bahwa Fllama Flame (brand korek customnya), akan menjadi besar. Ia bertujuan untuk membuat brand korek sendiri, tanpa harus membeli dari distributor korek.

“Saya punya mimpi bahwa Fllama Flame bisa jadi brand korek nomor satu. Saya juga tidak mau memakai Cricket lagi dan dari bisnis korek ini saya bertujuan untuk membagun pabrik korek merek Fllama Flame yang bisa menyaingi Cricket.” Ucap Faiz.

Faiz Aljufri, Tempuh Berbagai Cara demi Wujudkan Mimpi
Kedai kopi jadi cara Faiz untuk mewujudkan mimpi yang lebih besar. (Foto: Faiz Aljufri)

Ia merasa untuk mewujudkan mimpinya dalam memiliki pabrik korek sendiri butuh proses secara perlahan, selain itu membutuhkan modal yang besar.

Maka dari itu, untuk membantu mewujudkan mimpi besarnya untuk punya punya pabrik korek, ia memutuskan untuk melanjutkan niat awal untuk membangun kafe, bersama dua orang temannya.

“Setelah uang terkumpul dan teman-teman saya tertarik, akhirnya kita coba bangun kedai kopi tersebut. Rencananya setelah kedai selesai, kita mau bikin sebuah PT supaya lebih besar dan bisa kerjasama dengan investor. Di kedai ini juga saya bisa taro korek saya Fllama Flame. ” Kata Faiz.

Dari beberapa usaha yang sedang ia jalankan, Faiz berharap bisnisnya dapat membantu orang sekitar yang mencari pekerjaan. Dari kedai kopi bernama Chill In Oasis bertema Arab dicampur Yunani, Faiz berharap para pengunjung pun dapat dengan rileks bersantai disana.

Faiz berkelakar bisnis koreknya juga ditujukan untuk memanimalisir masalah ‘curanrek’ atau pencurian korek. Karena korek pada biasanya memiliki desain yang mirip satu sama lain. (scp)

Baca juga:

Perjalanan Samuel Samsuddin Meraih Sukses lewat Kebun Hidroponik

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Buku Anak tentang Dr. Anthony Fauci akan Diluncurkan Juni
Fun
Buku Anak tentang Dr. Anthony Fauci akan Diluncurkan Juni

Simon & Schuster memberikan sentuhan akhir pada Dr. Fauci: How a Boy from Brooklyn Became America's Doctor

Trik Tidur Nyenyak untuk Tingkatkan Produktivitas selama WFH
Fun
Trik Tidur Nyenyak untuk Tingkatkan Produktivitas selama WFH

Trik yang harus kamu lakukan agar bisa menjaga produktivitasmu selama WFH.

PlayStation 5 x Caviar Berbalut Emas 20 Kilogram
Fun
PlayStation 5 x Caviar Berbalut Emas 20 Kilogram

Caviar menciptakan barang-barang mewah dengan harga fantastis.

The Last of Us 2 Dapatkan Mode High Frame Rate di PlayStation 5
ShowBiz
The Last of Us 2 Dapatkan Mode High Frame Rate di PlayStation 5

Naughty Dog mengumumkan update gratis yang dapat dinikmati oleh para penggunanya di Patch 1.08 The Last of Us 2.

Pola Asuh Disiplin Hasilkan Anak Tangguh dan Bertanggungjawab
Fun
Pola Asuh Disiplin Hasilkan Anak Tangguh dan Bertanggungjawab

Karakter anak bertanggung jawab tergantung dari pengasuhan orang tua yang disiplin.

Rekomendasi Mobil SUV Second Harga Rp 200 Jutaan
Fun
Rekomendasi Mobil SUV Second Harga Rp 200 Jutaan

penjualan mobil bekas pada segemen SUV pun kian bergairah. Karena, pilihan mobilnya cukup banyak, dan diklaim dapat memenuhi kebutuhan konsumen masa kini.

5 Tampilan Koko-Koko Borju ke Mal, 'Valid No Debat'
Fashion
5 Tampilan Koko-Koko Borju ke Mal, 'Valid No Debat'

Biar makin pede saat mejeng di mal.

Tandai Album Baru Tulus Rilis Single ‘Ingkar’
ShowBiz
Tandai Album Baru Tulus Rilis Single ‘Ingkar’

Merayakan 10 tahun bermusik, Tulus rilis single Ingkar.

Intip Fitur Menarik iPhone 13
Fun
Intip Fitur Menarik iPhone 13

Fitur terbaru iPhone sangat mumpuni.

Ritual Unik Member BLACKPINK Sebelum Lakukan Pemotretan
ShowBiz
Ritual Unik Member BLACKPINK Sebelum Lakukan Pemotretan

Berbagai cara unik dilakukan member BLACKPINK sebelum melakukan sesi pemotretan.