Fahri Hamzah Sebut Penahanan Ahmad Dhani Bisa Turunkan Elektabilitas Jokowi Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah (Foto: MP/Gomes Roberto)

MerahPutih.com - Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah menanggapi penahanan musisi Ahmad Dhani Prasetyo alias Ahmad Dhani yang divonis 1,5 tahun penjara karena kasus ujaran kebencian. Ia menyebut hal itu bisa menurunkan elektabilitas Jokowi-Ma'ruf.

"Penahanan langsung @AHMADDHANIPRAST hari ini menurut saya akan membuat elektabikitas petahan turun sampai 5%. Saya semakin percaya bahwa petahana sedang dijatuhkan secara sistematis. Kasus2 akan dimunculkan untuk mengakhiri petahana. Kritik @prabowo menemukan momentum," tulis Fahri lewat akun Twitter-nya @Fahrihamzah, Senin (28/1)

Fahri mengatakan bahwa cicitan tersebut bukan bentuk provokasi. Dia yakin elektabilitas Jokowi-Ma'ruf akan turun karena Ahmad Dhani ditahan.

"Tidak untuk memprovokasi, tapi ini keyakinan saya bahwa @AHMADDHANIPRAST akan menjadi martir bagi kemenangan penantang. Kerugian (suka atau tidak) akan diderita oleh petahana. Sejak kasus pembebasan ABB kemarin sampai hari ini adalah blunder. Masih ada 80 hari lagi," tulisnya.

Sebelumnya, Ketua Majelis Hakim Ratmoho memvonis Ahmad Dhani hukuman penjara selama 1,5 tahun karena terbukti bersalah secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana.

Vonis tersebut lebih ringan dari tuntutan jaksa penuntut umum yang menuntutnya dengan dua tahun penjara.

Tindak pidana yang dilakukan Dhani, menurut Ratmoho, yakni dengan sengaja dan tanpa hak menyuruh menyebarkan informasi yang menunjukkan rasa kebencian.

Diungkapkan hakim, informasi yang tersebar itu juga menimbulkan permusuhan terhadap individu atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan SARA.

Putusan hakim itu lebih ringan dibanding tuntutan jaksa yang menuntut Dhani pidana penjara dua tahun.

Jaksa menganggap Dhani telah melanggar Pasal 45 ayat (2) juncto Pasal 28 ayat (2) tentang Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP. (*)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH