Fadli Zon Tak Persoalkan Merapatnya Demokrat ke Koalisi Jokowi Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon (Foto: antaranews)

MerahPutih.Com - Partai Demokrat diprediksi dalam waktu dekat ini akan mendeklarasikan diri merapat ke koalisi Jokowi-Ma'ruf. Manuver Demokrat tersebut, menurut Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon tidak menjadi persoalan sebab hal itu wajar dalam perspektif sebagai partai politik.

"Itu adalah hal yang wajar dalam demokrasi tentu time-table tergantung dari parpol masing-masing dan kita menghargai di manapun posisi itu," kata Fadli di Kompleks Parlemen RI, Jakarta, Rabu (14/8).

Baca Juga: SBY Segera Umumkan Bergabungnya Demokrat ke Koalisi Jokowi?

Menurut Fadli, setiap parpol akan punya pandangan politiknya masing-masing, baik yang akan ikut bersama pemerintah atau yang berada di luar pemerintahan. Dua posisi itu dinilai Fadli startegis, tergantung pada konstituen partai.

Politisi Gerindra Fadli Zon tak persoalkan masuknya Demokrat ke koalisi Jokowi-Ma'ruf
Fadli Zon tak masalah Demokrat bergabung dengan koalisi pemerintahan Jokowi (Foto: antaranews)

"Hitung-itungan politik tergantung juga konsituen dan saya kira tergantung arah dari parpol tersebut. Jadi saya kira hal yang wajar dalam berdemokrasi," ujar Fadli.

Meski Demokrat sudah terus berupaya merapat ke Jokowi, Fadli menyatakan, sikap Gerindra tetap berada di tangan Prabowo Subianto. Bila berada di dalam pemerintahan, Gerindra harus efektif bekerja dalam rangka membangun kepentingan bangsa yang lebih besar. Sementara, bila di luar pemerintahan Gerindra akan melakukan cek and balance secara optimal.

"Mengenai resminya saya kira tentu akan pada waktunya," kata Wakil Ketua DPR RI itu menegaskan.

Baca Juga: PAN dan Demokrat Gabung Koalisi Jokowi, Soetrisno Bachir: Keduanya Banyak Maslahatnya

Saat disinggung mengenai kapan penentuan sikap partai Gerindra kedepannya, Fadli menyebut semua keputusan berada di tangan Prabowo.

"Kalau Gerindra sebagaimana disampaikan ini, kita serahkan semuanya ke pak Prabowo, kita sudah berikan mandat kepada beliau untuk menentukan sikap Gerindra berada dalam pemerintahan atau di luar pemerintahan itu akan disampaikan pada waktunya," tandas Fadli Zon.(Knu)

Baca Juga: PDIP: Demokrat Gabung Koalisi Jokowi Bukan Hal Aneh



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH