Fadli Zon Sarankan Jokowi Tidak Terbebani Kader Partai Politik Saat Pilih Menteri Politisi Gerindra yang juga Wakil Ketua DPR Fadli Zon (Foto: MP/Rizki Fitrianto)

MerahPutih.Com - Wakil Ketua DPR Fadli Zon memberikan saran kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi), dalam periode keduanya untuk memilih menteri yang mempunyai kemampuan terbaik di bidangnya dan mau bekerja keras.

Menurut Fadli, Jokowi kalau mau membuat menteri cari orang-orang terbaik di bidangnya.

Baca Juga: Fadli Zon Tak Persoalkan Merapatnya Demokrat ke Koalisi Jokowi

"Orang yang punya kapasitas, kapabilitas, punya integritas dan memang mau bekerja," ungkap Fadli kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (14/8).

Fadli Zon sarankan Jokowi tak pilih kader partai yang tak mampu jadi menteri
Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Fadli Zon. Foto: MP/Ponco

Fadli berharap Jokowi tak menunjuk orang yang tak ahli di bidangnya alias masih belajar.

"Kalau lagi belajar dia enggak akan tahu mengendalikan urusannya di bidang apapun menteri itu," tegas dia.

Tak hanya itu, Fadli mengaku tak masalah jika menteri Jokowi di periode keduanya bakal berasal dari kader partai politik pengusungnya.

"Walaupun itu berasal dari partai politik yang relevan dengan keahliannya dengan bidangnya saya kira itu baru jalan. Jadi kalau hanya menerima dan kemudian dia tidak ahli di bidangnya dan baru belajar ya akan repot saya kira," jelas dia.

Baca Juga: Bersedia Kembali Jadi Wakil Ketua DPR, Fadli Zon Siap 'Hantam' Jokowi

Menurut Fadli, sekalipun orang yang ditunjuk dari partai politik, maka orang tersebut harus yang benar-benar memiliki kapasitas, kapabilitas, dan integritas di bidangnya.

Fadli menilai menteri yang yang ditunjuk dari kalangan partai politik nantinya hanya akan merepotkan kabinet serta mengganggu kinerja Jokowi dalam menjalankan pemerintahannya.

"Jadi kalau hanya menerima dan kemudian dia tidak ahli di bidangnya dan baru belajar ya akan repot saya kira. Jadi percuma orang berkuasa tapi tidak efektif di dalam kekuasannya gitu, yang rugi rakyat," pungkas Fadli Zon.(Knu)

Baca Juga: Lagi, Fadli Zon Tegaskan Sikap Politik Gerindra



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH