Fadli Zon Pertanyakan Urgensitas Pemindahan Ibu Kota Negara Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon (Foto: antaranews)

MerahPutih.Com - Wakil Ketua Umum DPR Fadli Zon mengomentari keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memindahkan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan.

Fadli mengatakan bahwa dirinya tidak ada masalah dengan itu. Namun, ia menilai langkah tersebut belum pas untuk saat ini.

Baca Juga: Bappenas Pastikan Anggaran Pemindahan Ibu Kota Tak Ganggu Biaya Sektor Lain

Pernyataan itu tegas ia katakan, meski harus berbeda dengan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto yang menyatakan setuju dengan rencana pemerintah itu.

"Apakah urgensinya waktunya kapan dan di mana tempatnya saya kita itu yang perlu di lakukan pengkajian yang mendalam gitu,” ujar Fadli di Kompleks DPR, Jakarta, Senin (19/8).

Wakil Ketua DPR Fadli Zon tidak setuju ibu kota dipindahkan ke Kalimtanan
Wakil Ketua DPR Fadli Zon (MP/Asropih)

Fadli memaparkan bahwa kajian mendalam meliputi anggaran dan infrastruktur, jika ibu kota berpindah maka butuh waktu dan biaya yang sangat besar.

"Kalau misalnya ke wilayah yang dekat seperti di Jonggol atau mungkin di Kertajati (Jawa Barat) gitu ya, itu sangat memungkinkan secara kalkulasi dan SDM. Sumber daya dan infrastruktur sebagainya,” paparnya.

Ia berpendapat bahwa tidak ada masalah dengan pemindahan Ibu Kota Negara ke daerah lain. Namun perlu pengkajian mendalam terkait urgensi waktu dan lokasi ibu kota baru.

Baca Juga: Soal Pemindahan Ibu Kota, Fahri Hamzah Singgung Peran Bung Karno

"Begini kalau pemindahan itu enggak ada masalah yang penting apakah urgensinya waktunya kapan dan dimana tempatnya. Saya kira itu yang perlu dilakukan pengkajian yang mendalam gitu loh," ujar Fadli.

Ide pemindahan Ibu kota, kata Fadli Zon, bukan ide Presiden Jokowi namun ide Bung Karno. Jadi kalau bangsa ini sudah cukup banyak uang tak ada masalah memindahkan Ibu kota.

"Kalau perlu pusat-pusat itu dipisah-pisahkan sehingga sentral pertumbuhan barunya banyak gitu. Kalau gagasannya (memindahkan ibu kota) tidak ada yang menolak," tutupnya.(Knu)

Baca Juga: Fadli Zon Minta Jokowi Kaji Ulang Wacana Pemindahan Ibu Kota



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH