Fadli Zon: Pemblokiran Internet di Papua Sama Saja dengan Pembredelan Era Orde Baru Wakil Ketua DPR Fadli Zon. (MP/Asropih)

MerahPutih.Com - Wakil Ketua DPR Fadli Zon mendesak pemerintah dalam hal ini Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk segera membuka kembali akses internet di wilayah Papua. Menurut Fadli, pemblokiran jaringan internet tak bedanya dengan pembredelan zaman Orde Baru (Orba).

Lebih lanjut, Fadli menilai pemblokiran internet tidak akan menyelesaikan masalah Papua.

Baca Juga:

Jaringan Internet di Papua Masih Diblokir, Ombudsman Panggil Menkominfo Rudiantara

"Menurut Saya harus diakhiri karena justru jadi perhatian dunia something wrong, kita kayanya defensif mau menutupi informasi seperti zaman dulu, dulu kan dibredel ini kan bredel bentuk baru namanya," ujar Fadli kepada wartawan di Kompleks Parlemen RI, Senayan, Jakarta, Rabu (28/8).

Wakil Ketua DPR Fadli Zon
Fadli Zon kritik pemberintah terkait pemblokiran akses internet di Papua (Foto: antaranews)

Fadli mengatakan, pemerintah seharusnya melihat akar persoalan Papua secara mendalam. Pemblokiran akses internet yang dilakukan pemerintah melalui Kementerian Kominfo justru membuat masalah baru.

Pasalnya, dengan penutupan jaringan komunikasi dinilainya sebagai bentuk merampas hak rakyat dan mengganggu aktivitas rakyat.

"Karena hak-hak masyarakat dikurangi seperti ini. hak untuk mendapatkan akses internet itu hak dasar. Tidak boleh seenaknya," ucap politikus Gerindra itu.

Baca Juga:

Menkominfo: Akses Internet di Papua Diblokir Demi Keamanan Nasional

Kemkominfo masih belum mengetahui kapan akan membuka blokir akses internet di Papua. Pemblokiran layanan data atau internet di Papua akan berlangsung sampai situasi dan kondisi yang benar-benar normal.

Plt. Kepala Biro Humas Kemkominfo, Ferdinandus Setu mengatakan berdasarkan evaluasi yang dilakukan pihaknya dengan aparat penegak hukum masih beredar informasi hoaks dan rasialisme.

Berita bohong tersebut dikhawatirkan justru akan kembali membuat suasana di Papua kembali panas.(Knu)

Baca Juga:

Kemenkominfo Perpanjang Pembatasan Internet di Papua



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH