Pemilu 2019

Fadli Zon Optimistis Elektabilitas Gerindra Bakal Salip PDIP

Eddy FloEddy Flo - Kamis, 21 Februari 2019
 Fadli Zon Optimistis Elektabilitas Gerindra Bakal Salip PDIP
Politisi Gerindra yang juga putra Minang Fadli Zon (Foto: MP/Rizki Fitrianto)

MerahPutih.Com - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Fadli Zon optimistis elektabilitas partainya bakal menyalip PDI Perjuangan (PDIP). Berdasarkan survei terbaru Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, PDIP merajai hampir seluruh segmen pemilih, bersaing ketat dengan Gerindra di Pemilu 2019.

Dalam hasil survei terbaru LSI Denny JA itu, pemilih di Indonesia disederhanakan menjadi enam kantong suara. Di antaranya kantong pemilih Muslim, minoritas, milenial, wong cilik, emak-emak, dan kalangan terpelajar.

Partai besutan Megawati Soekarnoputri masih unggul di aneka kantong suara dan menjadikannya juara satu. Sementara Gerindra menempati posisi kedua, dengan dukungan mencolok di pemilih terpelajar.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon
Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon (MP/Ponco Sulaksono)

"Memang di dalam survei internal Gerindra makin terus menguat. Saya yakin bahwa pada waktunya kita bisa melampaui (elektabilitas) PDIP," kata Fadli saat ditemui di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (21/2).

Fadli menyebut Gerindra memiliki strategi jitu untuk mengkatrol elektabilitas. Menurutnya, partai besutan Prabowo Subianto itu bakal menggerakkan seluruh caleg DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota dan para relawan untuk bekerja sampai ke tingkat RT/RW.

"Ibaratnya sampai ke pintu pintu. Dor to dor. Saya kira ini masih ada cukup waktu, karena simultan antara pilpres dengan pileg," pungkas Wakil Ketua DPR RI ini.

Merujuk hasil survei LSI Denny JA, perolehan suara PDIP di segmen partai pilihan populasi sebesar 23,7 persen. Sedangkan Gerindra menempati posisi kedua sebesar 14,6 persen. Posisi ketiga Partai Golkar 11,3 persen, Posisi keempat diduduki Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) 8,2 persen, dan kelima diraih oleh Partai Demokrat sebesar 5,4 persen.

Pada kantong pemilih Muslim dengan base 85 persen dari total pemilih, PDIP masih paling unggul dengan perolehan suara 18,4 persen. Kemudian disusul Gerindra 16,6 persen, Golkar 11,0 persen, PKB 9,3 persen, dan Demokrat 5,9 persen.

Logo Partai Gerindra
Partai Gerindra targetkan kuasai parlemen di Pemilu 2019 (Foto: Twitter @Gerindra)

Pada kantong pemilih minoritas dengan base 15 persen dari total pemilih, PDIP masih paling unggul dengan perolehan suara 54,7 persen. Kemudian disusul Golkar 13,5 persen, Nasdem 3,5 persen, Gerindra 2,9 persen, dan Demokrat 2,4 persen.

Adapun pada kantong pemilih milenial dengan base 45 persen dari total pemilih, PDIP kembali meraup kemenangan dengan perolehan suara 20,1 persen. Kemudian disusul Gerindra 16,2 persen, Golkar 9,7 persen, Demokrat 7,2 persen, dan PKB 7,1 persen.

Sementara itu pada kantong pemilih wong cilik dengan base 50 persen dari total pemilih, partai berlogo banteng moncong putih itu kembali merajai kontestasi dengan perolehan suara 22,8 persen. Kemudian disusul Gerindra 12,9 persen, Golkar 11,6 persen, PKB 11,3 persen, Nasdem 4,3 persen.

Di kantong pemilih emak-emak dengan base 50 persen dari total pemilih, PDIP masih paling unggul dengan perolehan suara 22,0 persen. Kemudian disusul Golkar 13,3 persen, Gerindra 12,3 persen, PKB 9,2 persen, dan Demokrat 6,5 pesen.

Lalu di kantong pemilih terpelajar dengan base 11,5 persen dari total pemilih, Partai Gerindra justru yang paling unggul dengan perolehan suara 23,9 persen. Kemudian disusul PDIP 15,9 persen, Demokrat 8,0 persen, PKS 7,2 persen, Nasdem 5,8 persen.(Pon)

Baca berita menarik lainnnya dalam artikel: Percuma Bangun Infrastruktur Desa Tanpa Libatkan Masyarakat

#Partai Gerindra #Fadli Zon #PDI Perjuangan #Hasil Survei #Pemilu 2019
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan