Fadli Zon Kritik Pemerintah Lambat Evakuasi WNI di Wuhan Politisi Gerindra yang juga Anggota DPR Fadli Zon. (Foto:MP/Asropih)

MerahPutih.com - Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Gerindra Fadli Zon mengkritik pemerintah Indonesia yang lambat melakukan evakuasi warga negara Indonesia setelah penyebaran virus Corona di Wihan, Tiongkok

Fadli mengatakan, sejak awal pemerintah perlu menutup sementara jalur penerbangan dari dan ke Tiongkok.

Baca Juga

Antisipasi Virus Corona, Menhub Budi Terus Pantau Pergerakan WN Tiongkok

Anggota Komisi I DPR ini menegaskan, reaksi cepat dan tepat dari pemerintah itu perlu dilakukan sebagai bukti negara hadir bagi seluruh rakyatnya.

"Menghadapi complex emergency seperti penyebaran virus corona, sudah seharusnya pemerintah sejak awal menutup sementara jalur dari dan ke Cina," kata Fadli di Jakarta, Selasa (28/1).

"Tapi WNI di sana harus segera dievakuasi dan diselamatkan. Di situlah negara hadir dengan reaksi cepat dan tepat," tambah Fadli.

Anggota DPR Fadli Zon. (MP/Ponco Sulakosono)
Anggota DPR Fadli Zon. (MP/Ponco Sulakosono)

Sebelumnya, Presiden telah membuat cuitan perihal Virus Corona. Jokowi menyebut jika saat ini pemerintah sudah memberikan waspada dan siaga dalam menanganinya.

"Beberapa negara Asia Tenggara telah mengkonfirmasi masuknya Virus Corona. Kita pun sudah waspada dan siaga," kata Jokowi.

"Sebanyak 135 thermo scanner telah diaktifkan di 135 pintu masuk Indonesia, dan 100 rumah sakit rujukan sudah kita siapkan untuk pasien dengan gejala terjangkit virus ini."

Seperti diberitakan, wabah virus corona yang mulai muncul pada Desember 2019 di pusat Kota Wuhan, Tiongkok, telah menulari lebih dari 4.000 orang di China dan mengakibatkan lebih dari 100 orang meninggal.

Baca Juga

MUI Takut Efek Ekonomi Virus Corona Bakal Libas Indonesia

Kasus orang terkena virus dengan karakteristik mirip SARS itu juga ditemukan di berbagai negara seperti Thailand, Vietnam, Singapura, Malaysia, Jepang, Korea Selatan, Taiwan, Australia, Arab Saudi, Nepal, Amerika Serikat dan Prancis. (Knu)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH