Fadli Zon Berharap Masyarakat Minang Tak Lupa Kampung Halaman Politisi Gerindra yang juga putra Minang Fadli Zon (Foto: MP/Rizki Fitrianto)

MerahPutih - Ketua Umum Ikatan Keluarga Minang (IKM) Fadli Zon mengharapkan masyarakat Minang di perantauan mampu mengelola berbagai potensi menjadi kekuatan nyata dalam membangun kampung halaman.

"Masyarakat Minang jiwanya perantau sehingga masyarakat Minang menyebar ke seluruh wilayah Indonesia dan bahkan sampai keluar negeri," kata Fadli Zon usai pelantikan pengurus DPP IKM di Gedung MPR/DPR/DPD RI Jakarta, Kamis kemarin.

Pengukuhan DPP IKM dipimpin oleh Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno dan dihadiri sejumlah masyarakat Minang di Jakarta.

Menurut Fadli, program IKM yang utama adalah membangun kampung halaman yang dilakukan dari bawah, yakni oleh masyarakat.

"Gerakan membangun kampung halaman ini sudah tumbuh dari bawah di mana masyarakat Minang berada," katanya.

Fadli yang besar di Bogor menjelaskan, di perantauan masyarakat Minang saling bersilaturrahim dan membangun kerja sama, dengan prinsip "dimana bumi dipijak di situ langit dijunjung".

Banyaknya masyarakat Minang di perantauan dan mereka membangun kerja sama sehingga dapat disebut diaspora Minang.

"Bagaimana masyarakat Minang di perantauan dapat berkontribusi membangun daerah. Ini juga menjadi tugas gubernur Sumatera Barat untuk mengunjungi masyarakat Minang di perantauan," katanya.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra ini menambahkan, masyarakat Minang banyak memiliki potensi. Potensi ini diharapkan dapat dimaksimalkan menjadi kekuatan dengan membangun "networking".

Menurut Fadli, IKM lahir dari bawah, yakni dari kerja sama yang dibangun masyarakat Minang di perantauan.

Fadli juga menceritakan, ayahnya yang tinggal di Bogor membangun IKM di Bogor dan sampai saat ini masih tetap eksis.

"Masyarakat Minang tersebar di berbagai daerah dan ada di berbagai profesi, termasuk di DPR RI," katanya.

Politisi beretnis Minang di DPR RI, kata dia, tidak hanya berasal dari Sumatera Barat tapi juga berasal dari provinsi lainnya di Indonesia.

Dengan jiwa saling bekerjasama, anggota parlemen beretnis Minang di parlemen membentuk Kaukus Masyarakat Minang di Parlemen.(*)

Sumber: ANTARA



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH