Facebook Tengah Kembangkan Aplikasi Threads untuk Saingi Snapchat Ilustrasi logo Threads yang dibuat The Verge berdasarkan informsi yang mereka dapat (Foto: The Verge/Alex Castro)

BERBAGAI fitur yang disediakan Instagram nampaknya belum cukup bagi mereka. Media sosial berbasis gambar (foto atau video) ini rencananya akan menambahkan fitur baru. Dilansir dari The Verge, fitur baru tersebut bernama Threads.

Threads sendiri sebenaranya adalah sebuah aplikasi pesan. Aplikasi tersebut kini tengah dikembangkan oleh Facebook. Nantinya Threads akan terhubung langsung dengan akun Instagram.

Baca juga:

Aplikasi ini Wajib Ada di Ponsel saat Traveling Ke Luar Negeri

Threads ditujukan bagi pengguna yang menginginkan kemudahan berbagi informasi kepada teman-teman dekatnya. Dalam hal ini yang dimaksudkan teman dekat ialah daftar close friends di Instagram.

Ilustrasi opsi 'Automatic Updates' dan menu Threads nantinya (Foto: The Verge/Alex Castro)
Ilustrasi opsi 'Automatic Updates' dan menu Threads nantinya (Foto: The Verge/Alex Castro)

Layaknya Instagram direct message, pengguna dapat mengirim pesan, foto, dan video. Namun Threads akan membawa kelebihan baru dalam berbagi informasi. Pengguna nantinya juga dapat membagikan lokasi, kecepatan, dan sisa baterai ponsel. Aplikasi ini tengah dites secara internal oleh Facebook.

Dari beberapa screenshot yang didapat The Verge, nampaknya Threads akan menyediakan opsi berbagi otomatis. Jika opsi tersebut dinyalakan, Threads secara otomatis membuat status berdasarkan informasi pengguna.

Baca juga:

Robot Ini Bisa Gantikan Hubungan Intim Manusia?

Meski demikian, saat ini Threads tidak membagikan lokasi real-time pengguna. Akan tetapi menunjukkan jika pengguna sedang bepergian atau tidak.

Nampaknya Threads dibuat untuk bersaing dengan Snapchat. Pengguna Snapchat menghabiskan lebih banyak waktu dalam aplikasi dibandingkan Instagram. Oleh sebab itu nampaknya Facebook berharap kemunculan Threads, Instagram dapat memperkuat dirinya dalam menyaingi Snapchat.

Instagram pernah membuat Direct, namun karena dirasa tidak efektif Direct ditutup (Foto: Youtube/DEXTEROID)
Instagram pernah membuat Direct, namun karena dirasa tidak efektif Direct ditutup (Foto: Youtube/DEXTEROID)

Sebelumnya Instagram pernah membuat aplikasi pesan bernama Direct. Namun di bulan Mei, Instagram memberhentikan pengembangan aplikasi tersebut. Orang-orang yang berkesempatan mencoba Direct tidak suka dengan aplikasi tersebut.

Belum ada informasi yang jelas tentang kapan Threads akan diluncurkan. Bisa saja Threads diberhentikan di tengah proses pengembangan layaknya aplikasi Direct. Akan tetapi perkataan Mark Zuckerberg selaku CEO Facebook dapat dijadikan petunjuk.

Zuckerberg pernah berkata di bulan Maret bahwa sebuah aplikasi pesan privat akan menjadi masa depan dari perusahaannya. Threads bisa jadi aplikasi yang dibicarakan oleh Zuckerberg tersebut. (sep)


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani