Teknologi

Facebook Tawarkan Dukungan Kunci Keamanan di iOS dan Android

Dwi AstariniDwi Astarini - Sabtu, 20 Maret 2021
Facebook Tawarkan Dukungan Kunci Keamanan di iOS dan Android
Kunci keamanan media sosial tambahan pada gadget perlu dipertimbangkan pada akun pribadi. (foto pixabay BiljaST)

MEDIA sosial saat kini tak lagi hanya pengisi waktu senggang. Platform jejaring sosial itu sudah seperti kebutuhan sehari-hari untuk mencari informasi, bahkan tidak sedikit menjadikan media sosial sebagai tempat mencari uang. Mulai dari berjualan daring, endorsement, hingga mencari popularitas.

Dengan makin vitalnya media sosial kini, keamanan menjadi hal yang krusial. Mengamankan akun media sosial dengan kunci keamanan akan meminimalisasi peretasan akun. Hal itulah yang dilakukan perusahaan raksasa media sosial Facebook. Mereka mengumumkan bahwa telah memperluas dukungan FIDO ke perangkat seluler.

BACA JUGA:

Twitter Uji Fitur Lihat Video YouTube secara Langsung


FIDO merupakan singkatan dari Fast IDentity Online yang merupakan aliansi perusahaan di seluruh dunia. Mereka bertujuan menetapkan standar autentikasi biometrik. Gagasan utama pendirian FIDO ialah membangun kemudahan penggunaan, privasi, dan keamanan, serta standardisasi untuk menerapkan teknologi autentikasi yang melampaui penggunaan password.

facebook
FIDO telah mengeluarkan kunci keamanan media sosial tambahan untuk perangkat ponsel iOS dan Android. (foto pixabay pixelkult)

Dikutip Techradar, sejak 2017, Facebook telah mengizinkan pengguna mengamankan akun Facebook di desktop. Penggunaan kunci keamanan itu mencegah informasi pribadi diretas orang jahat. Namun, sekarang perlindungan tambahan itu dapat digunakan pada perangkat seluler yang lebih rentan, karena bisa hilang atau dicuri orang.

Facebook merekomendasikan akun media sosial yang harus menggunakan kunci keamanan tambahan, seperti akun milik politisi, tokoh masyarakat, jurnalis, aktivis, dan akun lain yang berisiko menjadi sasaran peretas jahat. Keamanan tambahan itu perlu dipertimbangkan para pengguna media sosial untuk lebih mengamankan akun media sosial mereka.

Pengumuman Facebook itu bertepatan dengan dengan perilisan penelitian yang dilakukan FIDO. Penelitian itu menemukan 49% akun pengguna media sosial di Inggris diretas dan diakses tanpa izin pemilik. FIDO menambahkan, 64% populasi Inggris sangat khawatir mengenai keamanan ponsel termasuk akun media sosial mereka.

peretas
Keamanan tambahan untuk media sosial di ponsel akan meminimalisasi peretasan akun pribadi.(foto: FotoArt-Treu)

Direktur Eksekutif FIDO Alliance Andrew Shikiar mengatakan akun media sosial semakin menjadi target umum penipu. Oleh karena itu, FIDO mengerti platform utama akan menanggapi dengan serius. Ia menambahkan, saat semakin banyak organisasi yang mengadopsi autentikasi FIDO, insiden peretasan menurun secara signifikan.

Autentikasi itu membuat organisasi dan indivisu kebal dari beberapa bentuk serangan yang paling sukses. "Baru-baru ini kami telah melihat kumpulan akun individu terkenal disusupi. Namun, seperti yang ditunjukkan oleh penelitian kami, siapa pun uang menghargai informasi pribadinya harus mempertimbangkan kunci keamanan FIDO," ujar Shikiar .(rzk)

#Teknologi #Media Sosial
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan