Facebook Matikan Aplikasi Lasso, Gagal Saingi TikTok? Facebook tiba-tiba matikan aplikasi Lasso (Foto: techcrunch)

POPULARITAS TikTok yang luar biasa membuat sejumlah platform media sosial berusaha membuat aplikasi serupa untuk bersaing. Salah satunya yakni Facebook yang menghadirkan aplikasi bernama Lasso.

Namun, misi Facebook membuat aplikasi Lasso untuk bersaing dengan TikTok telah kandas. Perusahaan milik Mark Zuckerberg itu belum lama ini dikabarkan mematikan aplikasi Lasso.

Baca juga:

India Larang Penggunaan Aplikasi TikTok dan WeChat, Ada Apa?

Seperti yang dilansir dari laman TechCrunch, pengguna Lasso mendapatkan notifikasi aplikasi tersebut akan dimatikan pada 10 Juli 2020 mendatang. Selain itu, Lasso juga memberikan panduan bagi para pengguna untuk mengunduh seluruh video yang pernah diunggah pada aplikasi itu.

Lasso sangat mirip TikTok. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk merekam video pendek berdurasi 15 detik dan menambahkannya dengan lagu. Lasso mengandalkan algoritman untuk menghadirkan konten di Feed. Pengguna juga bisa browsing lewat tagar serta halaman browse yang berisi koleksi video dengan tema tertentu.

Baca juga:

Ketika Robot Artificial Intelligence Jadi Peran Utama dalam Film

Selain Lasso, facebook dikabarkan tengah siapkan Instagram Reels untuk saingi TikTok (Foto: techcrunch)

Terhitung bulan Februari 2020, Lasso sudah tersedia di Kolombia, Amerika Serikat, Chile, Argentina, Uruguay, Peru, Panama, Kosta Rika, El Salvador, Uruguay dan Ekuador berdasarkan data dari Sensor Tower.

Bahkan awal tahun ini, Facebook menambahkan dukungan untuk bahasa Hindi, yang merupakan kode kerasa Lasso untuk diluncurkan di India. Bila rencana itu benar adanya, keputusan Facebook mematikan Lasso tampaknya kurang tepat. Mengingat TikTok telah diblokir pemerintah India karena alasan terhadap keamanan nasional dan hubungan yang tengah tegang antara India dan Tiongkok.

Matinya Lasso tak lama setelah diluncurkannya Instagram Reels di sejumlah negara. Instagram Reels digadang-gadang merupakan senjata baru Facebook untuk menyaingi TikTok. (ryn)

Baca juga:

Waspada, Peretas Kartu Kredit Bisa Bersembunyi Dalam Gambar

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH