Facebook Luncurkan Logo Baru Perusahaan

Dwi AstariniDwi Astarini - Selasa, 05 November 2019
Facebook Luncurkan Logo Baru Perusahaan
Facebook meluncurkan logo baru perusahaan pekan ini. (foto: Facebook Newsroom)

PEKAN ini, layanan media sosial Facebook meluncurkan logo terbaru mereka. Logo baru itu dimaksudkan untuk mewakili perusahaan induk yang membawahkan Facebook, Instagram, hingga WhatsApp. Perubahan yang dilakukan tampak sederhana, hanya menampilkan tulisan 'Facebook', tapi dalam huruf kapital.

Logo terbaru mereka itu menampilkan gambar bergerak atau GIF yang ditampilkan dalam berbagai warna untuk mewakili merek yang berbeda. Biru untuk Facebook, hijau untuk WhatsApp, serta merah muda untuk Instagram.

BACA JUGA: Mengenang Jasa Laika, Makhluk Hidup Pertama yang Mengorbit Bumi

Facebook selalu menggunakan tanda kata jejaring sosialnya untuk mewakili perusahaan secara keseluruhan. Setelah 15 tahun beroperasi, Facebook sekarang jauh lebih luas sebagai merek induk. Untuk itulah, mereka merasa perlu membedakan diri dari jejaring sosial lain yang dibangun.

facebook
Logo baru Facebook tampak sederhana. (foto: Facebook newsroom)

Seperti dilansir laman The Verge, pihak Facebook mengatakan logo baru ini menggunakan tipografi khusus dan dirancang dengan tujuan menciptakan perbedaan visual antara perusahaan dan aplikasi. Ada beberapa layanan yang bernaung di bawah Facebook, seperti media sosial Facebook, WhatsApp, Instagram, hardware Oculus, Workplace, Portal, dan konsorsium mata uang digital Calibra.

Sebelum adanya logo baru ini, Facebook mengeluarkan kebijakan dengan menambahkan label tulisan 'from Facebook' di setiap produk milik mereka. Tujuannya ialah memberi tahu orang bahwa aplikasi mereka memiliki infrasturktur bersama dan mengandalkan tim yang sama. “Orang harus tahu perusahaan mana yang membuat produk yang mereka gunakan,” kata Kepala Pemasaran Facebook Antonio Lucio.

facebook
Tampilan terbaru logo FB di Instagram. (foto: Facebook Newsroom)

Pada saat yang sama, logo baru ini merupakan bentuk upaya Facebook untuk menjaga namanya yang berbeda sedikit di tengah kontroversi yang hampir tanpa henti. Lucio mengatakan kepada Bloomberg bahwa perusahaan sempat ingin mengubah nama. Pada akhirnya, pemikiran itu tidak dilakukan karena Facebook tampak tidak ingin bersembunyi dari masala.

Laman Facebook Newsroom mengatakan perubahan logo itu akan digunakan dalam beberapa minggu mendatang di dalam sejumlah aplikasi besutan Facebook. Jika dilihat dari situs Facebook Newsroom, logo baru tersebut sudah menghiasi bagian header di ujung atas kiri.(And)

BACA JUGA: Ini nih Bahayanya Emisi Kendaraan Bermotor untuk Kesehatan

Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan