Games

Facebook Lucurkan Cloud Gaming Service

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Selasa, 27 Oktober 2020
Facebook Lucurkan Cloud Gaming Service
Facebook cloud gaming untuk mendekatkan penggunanya dengan permainan. (techcrunch)

FACEBOOK mencoba memasuki dunia cloud gaming. Tetapi perusahaan ini menawarkan sedikit berbeda dari para 'rivalnya'. Tidak seperti Amazon atau Google, di mana keduanya menawarkan layanan game cloud mandiri berbayar. Facebook memperkenalkan game cloud di dalam aplikasinya, beberapa diantaranya sudah dapat dimainkan gratis.

Melansir dari laman The Verge, Facebook sudah memberikan fitur game cloud dari satu dekade yang lalu dengan berbasis Flash seperti FarmVille sebelum pindah ke HTML 5 untuk platform Game Instan, tetapi kedua teknologi tersebut relatif terbatas.

Baca juga:

Pemain Minecraft: Java Edition Masuk Menggunakan Akun Microsoft

Facebook Lucurkan Cloud Gaming Service
Ada beberapa game yang sudah dapat dimainkan. (gadgets.ndtv)

Game cloud milik Facebook dapat dinikmati secara gratis, akan tetapi sampai 27 Oktober masih dalam versi beta, dan beberapa game populer seperti Asphalt 9 dan Mobile Legends dapat dimainkan. Dalam versi beta, ternyata mendapatkan respon baik, karena sekitar dua juta pengguna memainkan game cloud Facebook selama di beberapa wilayah.

Pendekatan Facebook untuk game cloud mereka secara filosofis sangat berbeda dari pesaing seperti Google Stadia atau Amazon's Luna. Perusahaan tersebut tidak terlalu meningkatkan teknologinya atau memasukan game eksklusifnya. Alih-alih terasa lebih seperti menghidupkan kembali dari apa yang sudah ditawarkan Facebook.

Baca juga:

'League of Legends Wild Rift' Syuting di Paramount Pictures

Rubin selaku Wakil Presiden Facebook Gaming menyatakan bahwa saat ini fokusnya adalah game gratis untuk dimainkan, akan tetapi ada kemungkinan untuk menawarkan game premium berbayar.

Sebelumnya, Facebook sudah mengakuisisi layanan cloud gaming Spanyol PlayGiga pada 2019, hal ini nampaknya mempermudah fitur cloud gaming yang mereka keluarkan.

Bukan hal luar biasa kalau perusahaan teknologi mulai mencoba bersaing di game berbasis cloud, pasalnya sudah banyak yang melakukan hal serupa.

Tetapi yang unik di sini adalah tujuan Facebook meluncurkan fitur tersebut, yaitu bukan untuk mendapatkan uang dari pelanggannya, melainkan untuk membuat penggunanya tetap di Facebook.

Fitur tersebut akan tersedia untuk pengguna Android dan web untuk saat ini. Sementara sedang menggarap fitur tersebut untuk meluncur di iOS. Sejauh ini, fitur tersebut baru tersedia di sejumlah negara bagian di AS saja. (ray)

Baca juga:

Kucing Peliharaan Jadi Musuh Gim Mario Kart Live: Home Circuit

#Game #Media Sosial #Facebook
Bagikan
Ditulis Oleh

Ananda Dimas Prasetya

nowhereman.. cause every second is a lesson for you to learn to be free.
Bagikan