Facebook Kolaborasi Bareng Ray-Ban Buat Kacamata AR Facebook berusaha mewujudkan kacamata augmented reality. (Foto: Pexels/Kaboompics.com)

AGAKNYA teknologi tak selamanya tampil minus gaya. Facebook bekerjasama dengan Luxottica, perusahaan induk Ray-Ban membuat kacamata augmented reality (AR) yang gaya. Meskipun memiliki teknologi kekinian namun pemakainya tetap dapat bergaya.

Kacamata ini akan membuat pemakainya dapat melihat dan mencari informasi di layar kacamata dan menerima telepon. Menurut CNBC, dinamakan Orion ini juga dapat melakukan live-stream pada teman atau followernya di media sosial. Bahkan pemakainya dapat melakukan perintah suara pada kacamata itu melalui kecerdasan buatan yang tengah dikembangkan pula oleh Facebook.

Baca Juga:

Aplikasi Berbasis Augmented Reality untuk Belanja Virtual

kacamata
Facebook kolaborasi dengan Ray-Ban membuat kacamata AR bergaya. (Foto: Pexels/Shamindi Wehalle)

Konon kabarnya tujuan dari pembuatan kacamata AR bergaya ini akan menggantikan ponsel pintar pada tahun 2023 dan 2025. Agaknya pada kurun tahun itu orang akan ‘dipaksa’ untuk familiar dengan gawai anyar ini.

Masih menurut CNBC yang dimuat dalam laman Mirror, ratusan pegawai yang ada di kantor Facebook sudah melakukan serangkaian uji coba untuk mewujudkan kacamata AR selama beberapa tahun belakangan ini.

Selain masalah teknologi yang mumpuni, pengembang agaknya memikirkan ukuran kacamata tersebut. Ukuran yang dibuat adalah senyaman mungkin ketika dipakai dan tidak besar. Mungkin bila terlalu besar akan terlihat seperti kutu buku.

Baca Juga:

Google Maps Buat Fitur Baru

kacamata
Kacamata Orion akan menggantikan ponsel pintar di tahun 2023 dan 2025. (Foto:Pixabay/DariuszSankowski)

Meskipun Mark Zuckerberg memprioritaskan terwujudnya kacamata AR ini, namun belum ada kepastian kapan kacamata ini akan selesai di laboratorium dan diproduksi massal. Luxocitta sendiri pernah bekerjasama dengan Google di tahun 2014 untuk mendesain dan membuat Google Glass. Agaknya berbekal penyempurnaan teknologi yang sama, Facebook akan lebih dapat mewujudkan kacamata AR.

Facebook bukanlah satu-satunya yang berusaha membuat kacamata pintar. HoloLens Microsoft dan Spectacles Snapchat sudah pula melakukan penelitian namun belum ada kabar kelanjutannya. Tapi Apple konon kabarnya lebih siap yang akan meluncurkan kacamata AR ini pada tahun depan. (psr)


Baca Juga:

Facebook Sedang Kembangkan Teknologi Ketik Gunakan Gelombang Otak

Kredit : paksi


Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH