Facebook Akan Peringatkan Pengguna Sebelum Bagikan Artikel COVID-19 Facebook akan hadirkan fitur peringatan untuk pengguna yang akan membagikan artikel tentang COVID-19 (Foto: pixabay/simon)

TIDAK boleh sembarangan membagikan artikel COVID-19 di Facebook. Demi mencegah penyebaran hoaks tentang COVID-19, Facebook akan memberikan peringatan kepada pengguna sebelum membagikan artikel terkait virus itu.

Peringatan berbentuk notifikasi pop-up itu akan memberikan sebuah kontekas tambahan soal artikel maupun tautan. Seperti halnya kapan artikel itu pertama kali dibagikan, serta tentang sumber artikel tersebut.

Baca juga:

Jika Benar-Benar Dilarang di AS, TikTok Terancam Hilang dari Toko Aplikasi

Laman The Verge menuliskan Facebook menjelaskan fitur baru itu akan membantu penggunanya untuk memahami kabar terbaru dan sumber dari artikel sebelum mereka bagikan.

Facebook akan memperingatkan penggunanya yang akan membagikan artikel tentang COVID-19 (Foto: theverge)

Peringatan yang beroperasi sejak Juni lalu itu dibuat berdasarkan notifikasi kebaruan milik Facebook. Dengan demikian, pengguna akan mendapatkan informasi terpercaya dari otoritas kesehatan.

Baca juga:

Pemilu Amerika Serikat akan jadi Sasaran Peretas Tiongkok?

Lantaran peringatan itu dibuat untuk mencegah penyebaran artikel lama dan menyesatkan, pihak Facebook mengumumkan mereka akan mengecualikan sumber informasi tertentu. Tujuannya untuk memastikan tak ada informasi terpercaya terhambat karena fitur tersebut.

"Seperti halnya konten dari World Health Organization, tidak akan menerima pemberitahuan ini," ujar Facebook dalam keterangan resminya.

Facebook berupaya melakukan sejumlah cara untuk mencegah hoaks (Foto: pixabay/geralt)

Peringatan pop-up tersebut merupakan bagian dari langkah Facebook mencegah hoaks seputar COVID-19 yang diterapkan sejak Maret lalu.

Saat masa-masa awal pandemi COVID-19 melanda dunia, Facebook telah menampilkan informasi terpercaya dari otoritas kesehatan di bagian atas News Feed, serta menghadirkan sebuah portal pusat informasi COVID-19. (ryn)

Baca juga:

Twitter Berikan Label Pada Akun Pejabat Pemerintah dan Media, Ada Apa?

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH