Facebook Buat Teknologi AI untuk Lindungi Perempuan Facebook akan lebih melindungi perepuan (Foto: pixabay/geralt)

ADA sebuah kebijakan dan teknologi baru yang diterapkan oleh Facebook. Hal itu guna melindungi para perempuan yang menggunakan platform itu dari pengganggu di dunia maya.

Dilansi dari Antaranews.com, Rabu (30/10) nantinya Facebook akan mempertajam kecerdasan buatan dan machine learning. Hal itu membuat Facebook semakin proaktif dalam mendeteksi gambar dan video telanjang atau hampir telanjang yang dibagikan tanpa izin tanpa harus menunggu laporan pengguna.

Baca juga:

Beda Banget, ini Cita-Cita Anak Zaman Now

"Tema umum mengenai keamanan perempuan cenderung sama di berbagai tempat di dunia. Tapi jika melihat lebih spesifik ke negara atau wilayah tertentu, perilaku sangat dipengaruhi budaya setempat," kata Wakil Direktur Manajemen Kebijakan Global Monica Bickert dikutip dari blog resmi Facebook.

Facebook punya teknologi baru (Foto: Shutterstock)
Facebook punya teknologi baru (Foto: Shutterstock)

Perusahaan berbasis di San Francisco, Amerika Serikat itu menggunakan ciri khas digital (digital fingerprint) serta teknologi pencocokan foto (photo-matching) untuk menghapus hingga memblokir foto agar tidak bisa dibagikan ke pengguna lainnya.

Meski demikian teknologi ini kemungkinan akan berbeda di setiap negara. Hal itu karena isu pelecehan seksual berbeda berdasarkan norma dan kebiasaan yang berlaku di negara itu.

Baca juga:

Generasi Alpha Paling Kaya dan Teredukasi, Tapi...

Misalnya di Amerika yang merasa dilecehkan jika foto tanpa busananya tersebar di dunia maya. Sementara ada juga negara yang perempuannya merasa dipermalukan jika ada yang mengunggah foto dirinya bersama lelaki bukan keluarga.

Ada juga kebijakan khusus di beberapa negara (Foto: Pixabay/FirmBee)
Ada juga kebijakan khusus di beberapa negara (Foto: Pixabay/FirmBee)

"Untuk menyikapi perbedaan tipe pelecehan yang luas itu, aturan kami harus bijaksana dan komprehensif," kata Facebook.

Selain itu Facebook juga memberikan fitur khusus bagi para perempuan pengguna platform tersebut di India, Pakistan dan Mesir. Fitur itu yakni kontrol siapa yang bisa mengunduh dan membagikan foto profil mereka.

Kebijakan ini dibuat karena perempuan pengguna Facebook dan organisasi keamanan siber di negara itu khawatir jika foto profil dicuri dan dipakai untuk kejahatan. Sementara secara grobal Facebook memberikan peralatan untuk mengelola akun seperti mengabaikan pesan yang tidak diinginkan dan memblokir akun lain tanpa sepengetahuan pemiliknya.

Baca juga:

Dia Tidak Membalas Chat Kamu? Ini 5 Kemungkinan Alasannya!


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani