Facebook Blok Lusinan Akun Palsu yang Berujung pada Sebuah Perusahaan Israel Facebook memblok akun yang meresahkan. (Foto: Pexels/Pixabay)

LAMAN Dailymail menuliskan bahwa Facebook memblok sekitar 65 akun, 161 pages dan 23 grup dari platformnya. Kabarnya semua akun tersebut bermuara ditempat yang sama Archimedes Group, sebuah perusahaan yang berada di Tel Aviv. Pages mereka diikuti oleh 2,8 juta orang.

Konon perusahaan ini menjalankan bisnisnya di Afrika Sub-Sahara, Amerika Latin dan Asia Tenggara. Mereka membuat atau mengubah berita yang ada menjadi sesuai keinginan pemesannya. Tujuannya adalah untuk mempengaruhi pemilihan yang ada diseluruh penjuru dunia.

facebook
Facebook memblok akun asal Israel. (Foto: Pexels/pixabay)

Namun di sisi lainnya, ternyata perusahaan ini sudah memakai jasa iklan di Facebook dengan nilai lebih dari Rp11 miliar sejak tahun 2012 sampai bulan April 2019.

Akun yang ditelusuri oleh tim penyelidikan internal semuanya bermuara di perusahaan yang sama. Facebook secara resmi melalui Nathaniel Gleicher, head of cybersecurity policy, membeberkan perihal perusahaan itu pada pers Kamis kemarin (16/5). Selain akun yang ada di Facebook yang diblok, di Instagram terdapat empat akun yang dibanned sebab bermuara pada tempat yang sama.

Gleicher menyebutkan bahwa akun-akun palsu itu membuat posting seolah-olah dari tokoh politik tertentu yang mengarah pada situasi pemilu di suatu tempat. Mereka mengatakan bahwa dapat mengubah realita sesuai dengan pesanan kliennya.

facebook
Facebook menemukan ada grup yang mengelola akun palsu. (Foto: Pexels/Kaboompics.com)

Pada websitenya Archimedes Group menekankan diri sebagai pemimpin dari kampanye luas mendunia. Mereka mempromosikan diri memakai teknologi terkini dan metode inovatif untuk membantu kliennya.

Mereka juga mengklaim memainkan peran penting pada banyak kampanye politik dan publik, seperti pemilihan presiden dan proyek medis sosial lainnya di seluruh dunia. Namun mereka tetap memperkenalkan sebagai orang lokal.

Gleicher mengatakan bahwa tim penyelidik mengatakan bahwa grup ini adalah induk utama dari penyimpangan perilaku. (psr)

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH