Fabio Silva dan Jajaran Wonderkid Termahal Dunia Fabio Silva. Foto: Wolverhampton Wanderers

MerahPutih.com - Wolverhampton Wanderers menggenrak bursa transfer musim panas 2020 dengan mendatangkan pemain muda asal Portugal, Fabio Silva. Tak tanggung-tanggung, Wolves menembusnya dengan harga 40 juta euro.

Mahar itu, sekaligus memecahkan rekor transfer klub yang bermarkas di Molineux Stadium tersebut dan menjadikan mantan gelandang FC Porto itu sebagai salah satu pemuda termahal dunia.

Baca Juga

Lionel Messi Bertahan di Barcelona, Mimpi Buruk Antoine Griezmann Terancam Berlanjut

Fabio Silva baru berusia 18 tahun dan direkomendasikan langsung oleh manajer Wolves Nuno Espirito Santo yang juga berasal dari Portugal. Berposisi sebagai penyerang Fabio digadang-gadang sebagai suksesor Cristiano Ronaldo di Portugal.

Fabio Silva

Wolves tidak akan merogoh kocek dalam jika Fabio berstatus pemain biasa saja. Produk akademi Porto memecahkan sejumlah rekor pasca promosi dari debutan termuda di liga (17 tahun 22 hari), starter termuda di liga (17 tahun tiga bulan 22 hari), pemenang titel termuda, hingga debutan termuda di kompetisi Eropa.

Musim lalu Fabio melesakkan tiga gol dari 20 laga dan talentanya masih bisa berkembang. Fabio punya kemampuan teknik bagus dan juga pandai ketika mengontrol bola.

Baca Juga

Legenda Real Madrid Ragu Lionel Messi Sudah Berniat Tinggalkan Barcelona Sejak Lama

Mahar 40 juta euro itu menjadikan Fabio sebagai pemuda ketujuh termahal dunia. Siapa saja nama-nama sebelum Fabio yang ada di kategori itu?

6. Vinicius Junior (45 Juta Euro)

Vinicius Junior
Vinicius Junior. Foto: Zimbio

Real Madrid berinvestasi kepadanya sebesar 45 juta euro kala merekrutnya dari Flamengo pada 2018. Usia Vinicius Junior berumur 18 tahun ketika datang ke Madrid dan mengawali kisahnya di Ibu Kota Spanyol dari Real Madrid Castilla.

Tipikal penyerang sayap Brasil Vinicius lincah dalam bergerak, dapat mendribel bola, dan kekurangannya ada pada kemampuan mengeksekusi peluang menjadi gol (naluri mencetak gol). Tapi pada usia 20 tahun Vinicius masih dapat berkembang.

5. Rodrygo Goes (45 Juta Euro)

Rodrygo Goes
Rodrygo Goes

Tidak cukup dengan Vinicius Madrid merekrut kompatriotnya Rodrygo Goes pada 2019 dari Santos di harga yang sama. Rodrygo terpaut usia satu tahun lebih muda ketimbang Vinicius dan posisi bermainnya juga sama: penyerang sayap.

Vinicius, Rodrygo, Takefusa Kubo, Reinier Jesus, dan Martin Odegaard merupakan bagian penting dalam proyek jangka panjang Madrid.

4. Anthony Martial (60 Juta Euro)

Anthony Martial
Anthony Martial

Lima tahun silam di bawah arahan Louis van Gaal Manchester United merekrut Anthony Martialsebesar 60 juta euro dari AS Monaco. Banyak yang skeptis kala itu terjadi karena Martial belum populer dan banderol yang tinggi untuk pemain muda.

Usianya berumur 20 tahun ketika diboyong United ke Old Trafford. Sempat kesulitan di awal musim, Martial kini kian dewasa dalam permainannya, lincah kala mendribel bola dan semakin tajam mencetak gol.

Pada musim 2019-2020 Martial 17 gol dari 32 laga Premier League. Kini dia jadi bagian penting skuad Ole Gunnar Solskjaer bersama Mason Greenwood dan Marcus Rashford di lini depan.

3. Matthijs de Ligt (85,5 Juta Euro)

Matthijs de Ligt. Foto: Zimbio

Juventus memenangi perebutan bek tengah asal Belanda dengan prospek jadi bintang dunia di masa depan. Matthijs de Ligt (saat ini berumur 21 tahun) direkrut dari Ajax Amsterdam pada 2019 untuk jadi suksesor Giorgio Chiellini.

De Ligt diboyong setelah memberikan titel Eredivisie untuk Ajax pada musim 2018-2019 serta membawa klub ke semifinal Liga Champions. Berkualitas, disiplin, tangguh dalam duel bola udara, dan punya jiwa kepemimpinan. Wajar jika Juve merekrutnya sebesar 85,5 juta euro setahun lalu.

2. Joao Felix (126 Juta Euro)

Joao Felix. Foto: Zimbio

Disebut sebagai talenta berbakat dari Portugal setelah Cristiano Ronaldo. Produk akademi Benfica direkrut Atletico Madrid pada 2019 dengan penebusan klausul sebesar 126 juta euro. Joao Felix (20 tahun) menggantikan Antoine Griezmann yang pergi ke Barcelona.

Peran bermainnya adalah penyerang kedua serta penyerang sayap. Felix punya visi bermain bagus serta teknik untuk mengeksekusi peluang.

1. Kylian Mbappe (180 Juta Euro)

Kylian Mbappe. Foto: Zimbio

Tentu nama yang satu ini tidak asing lagi. Pada usia 21 tahun saat ini Kylian Mbappe sudah memenangi titel liga bersama AS Monaco dan PSG (Paris Saint-Germain), bahkan menjuarai Piala Dunia pada 2018 lalu bersama timnas Prancis.

PSG terlebih dahulu meminjam Mbappe dari Monaco pada musim 2017-2018 sebelum membelinya permanen sebesar 180 juta euro. Kecepatan, kemampuan teknik, serta naluri mencetak gol tinggi jadi nilai plus pemain kelahiran Paris, 20 Desember 1998 itu. (Bolaskor)

Kanal
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Pakai Batik, Bagus Kahfi Diperkenalkan FC Utrecht
Olahraga
Pakai Batik, Bagus Kahfi Diperkenalkan FC Utrecht

Amiruddin Bagus Kahfi resmi diperkenalkan FC Utrecht sebagai pemain barunya pada Jumat (5/2). Striker timnas Indonesia U-19 ini dikontrak hingga pertengahan 2022.

Kompetisi IBL 2020 Dihentikan Sementara
Olahraga
Kompetisi IBL 2020 Dihentikan Sementara

Manajemen IBL sudah melakukan koordinasi dengan PP Perbasi dan pihak pemerintah tentang penangguhan pertandingan di kompetisi IBL seri ketujuh ini.

Liga Spanyol Akan Diawali dengan Mengheningkan Cipta untuk Maradona
Olahraga
Liga Spanyol Akan Diawali dengan Mengheningkan Cipta untuk Maradona

Seluruh pertandingan Liga Spanyol yang berlangsung akhir pekan ini, baik di kasta tertinggi maupun Divisi Segunda, akan diawali dengan mengheningkan cipta untuk Diego Maradona.

Febri Hariyadi Diminati Klub Thailand, Manajemen Persib Bandung Buka Suara
Olahraga
Febri Hariyadi Diminati Klub Thailand, Manajemen Persib Bandung Buka Suara

klub yang berlaga di Thai League itu ingin menjadikan Febri Hariyadi sebagai pemain untuk mengisi slot ASEAN.

Agenda Utama Rapat Exco PSSI
Olahraga
Agenda Utama Rapat Exco PSSI

Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) berencana menggelar Rapat Komite Eksekutif (Exco) pada 20 Januari 2021. Dalam rapat tersebut akan dibahas permasalahan sepak bola tanah air.

Sebut Pengurus PSSI Rakus, Pelatih Persib Dilaporkan ke Komdis
Olahraga
Sebut Pengurus PSSI Rakus, Pelatih Persib Dilaporkan ke Komdis

Selain menyebut rakus, Robert Alberts juga menyebut orang PSSI hanya memikirkan kepentingan pribadi dan mencari keuntungan dari sepak bola Indonesia.

Timnas Indonesia U-19 Vs Makedonia Utara Berimbang Imbang Tanpa Gol
Olahraga
Timnas Indonesia U-19 Vs Makedonia Utara Berimbang Imbang Tanpa Gol

Timnas Indonesia U-19 hanya mampu bermain imbang tanpa gol saat berjumpa Makedonia Utara pada laga uji coba Stadion NK Uskok Klis, Split, Rabu (14/10) malam WIB.

Akhir September, Pemkot Solo Kebut Perbaikan 5 Lapangan Latihan untuk Piala Dunia U-20
Olahraga
Akhir September, Pemkot Solo Kebut Perbaikan 5 Lapangan Latihan untuk Piala Dunia U-20

"Perbaiki lapangan pendamping Piala Dunia U-20 kami mulai akhir September. Paling cepat sekitar pekan depan," ujar Rudy

Timnas Indonesia U-19 1-0 Dinamo Zagreb: Hasil Manis di Akhir TC
Olahraga
Timnas Indonesia U-19 1-0 Dinamo Zagreb: Hasil Manis di Akhir TC

Timnas Indonesia U-19 mencatatkan hasil manis di akhir training camp usai mengalahkan Dinamo Zagreb dengan skor tipis 1-0 di Komplek Stadion Maksimir (Dinamo Zagreb Academy), Zagreb, Senin (28/9).

Rudy: Ditunda Atau Tidak, Solo Siap Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20
Olahraga
Rudy: Ditunda Atau Tidak, Solo Siap Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Pemerintah Kota (Pemkot) Solo, Jawa Tengah memastikan Solo sudah siap untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 yang sedianya diadakan pada Mei 2021.