Exit Pool SMRC: Khofifah-Emil Unggul Tipis dari Gus Ipul-Puti Khofifah Indar Parawansa menunjukkan surat suara ketika akan menggunakan hak suara di TPS 16 Jemur Wonosari, Surabaya, Rabu (27/6).(ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

MerahPutih.com - Hasil survei opini publik (Exit Pool) Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) pada hari H Pilkada Jatim 2018 menemukan bahwa ada konsistensi antara perolehan dukungan suara melalui exit pool dengan Quick Count.

Hal itu disampaikan Direktur Riset Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Deni Irvani saat merilis hasil survei exit Poll pemilihan Gubernur 6 Provinsi di Kantornya Jalan Cisadane, Jakarta Pusat, Selasa (3/7).

Deni mengatakan dari hasil riset tersebut, SMRC menemukan bahwa perolehan suara kandidat Pilgub Jatim tidak berbeda signifikan dengan hasil perolehan suara melalui hitung cepat.

"Kalaupun ada perbedaan itu kecil, itu bisa terjadi karena alasan teknis seperti di exit Poll ada responden yang tidak mau menjawab, sementara di quick count tidak ada kategori tidak menjawab," kata dia.

Direktur Riset Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Deni Irvani saat merilis hasil survei exit Poll pemilihan Gubernur 6 Provinsi di Kantornya Jalan Cisadane, Jakarta Pusat, Selasa (3/7). Foto: MP/Fadhli

Berdasarkan hasil pertanyaan langsung setelah pemilih keluar TPS, kata dia, kandidat Khofifah-Emil mendapat dukungan suara sebesar 43,3 persen sementara Gus Ipul-Puti sebesar 40,5 persen.

"Ada perbedaan tipis sekitar tiga persen dari hasil Quick Count," lanjut Deni.

Sebelumnya, pada quick count versi SMRC pasangan Khofifah-Emil memperoleh suara sebesar 52,28 persen, sementara pasangan Gus Ipul -Puti sebesar 47,72 persen.

Sekadar informasi, survei exit pool SMRC digelar pada hari pencoblosan Pilkada Serentak 2018, 27 Juni lalu.

Khofifah Indar Parawansa dan Anak-anaknya
Khofifah Indar Parawansa (kedua kanan) didampingi putra putri, menunjukkan jari usai menggunakan hak suara di TPS 16 Jemur Wonosari, Surabaya (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Menggunakan metode stratified two-stage random sampling, pewancara menanyakan langsung kepada responden yang baru keluar dari TPS yang berjumlah sebanyak 1436 orang yang tersebar di TPS terpilih di masing-masing kabupaten/kota di Jatim.

Selain di Jatim, SMRC juga menggelar survei di sejumlah provinsi di antaranya Jabar, Jateng, Sumut, Kalbar dan Sulsel. (Fdi)



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH