'Everything Everywhere All at Once' Masuk 11 Nominasi Oscar

Andrew FrancoisAndrew Francois - Rabu, 25 Januari 2023
'Everything Everywhere All at Once' Masuk 11 Nominasi Oscar
'Everything Everywhere All at Once' nyaris borong seluruh penghargaan film. (IMDb)

FILM Everything Everywhere All at Once, mengangkat kisah petualangan sains fiksi yang ceritanya penuh kelok, kini memimpin nominasi Academy Awards ke-95 dengan meraih 11 nominasi.

Di belakangnya diikuti oleh All Quiet on the Western Front, film epik tentang Perang Dunia I. Lalu film The Banshees of Inishering, mengangkat cerita kelam tentang persahabatan dengan latar belakang perang saudara Irlandia. Kedua film itu meraih sembilan nominasi.

Ketiga film tersebut akan bersaing untuk film terbaik, yang nantinya akan menjadikan film-film itu berkumpul dengan film-film terbaik sepanjang masa yang pernah menerima penghargaan Academy Awards.

Baca juga:

'Everything Everywhere All at Once' Siap Pecahkan Rekor Penjualan untuk A24

'Everything Everywhere All at Once' sudah raih berbagai penghargaan sebelum Academy Awards. (IMDb)

Perlombaan gambar terbaik akan diikuti dua film terlaris tahun ini, yakni Avatar: The Way of Water dan Top Gun: Maverick, bersama dengan Elvis, film biografi musik yang cukup ramai penonton akhir tahun lalu.

Oscar tahun ini nampaknya akan menyajikan beberapa kisah kembalinya aktor-aktor lawas. Seperti Ke Huy Quan, dahulunya aktor cilik yang terkenal bermain dalam Indiana Jones and the Temple of Doom. Kali ini dia mendapatkan nominasi aktor pedukung terbaik untuk film Everything Everywhere All at Once.

Beberapa tahu yang lalu, Quan menyerah pada akting, yakin bahwa kariernya di depan kamera telah berakhir. Ada juga Brendan Fraser, mantan bintang aksi yang kariernya tergelincir oleh masalah kesehatan, namun kini muncul lagi sebagai aktor berkarakter kuat pada The Whale.

Film yang dilakoni Quan itu menjadi yang paling moncer tahun ini, karena suksesmenjadi teratas dibandingkan rival-rivalnya. Film garapan Daniel Scheinert dan Daniel Kwan itu mendapat nominasi, seperti peran aktris terbaik (Michelle Yeoh) hingga aktris pendukung terbaik (Quan).

Baca juga:

'Everything Everywhere All At Once' Dapat Sambutan Positif dari Kritikus dan Box Office

Michelle Yeoh masuk nominasi Best Lead Actress. (IMDb)

Adapun 10 film terbaik yang masuk nominasi Oscar, antara lain Everything Everywhere, The Banshees of Inisherin, The Fabelmans, Tar, Top Gun: Maverick, Avatar: The Way of Water, Elvis, All Quiet on the Western Front, Women Talking, dan Triangle of Sadness.

Jika Oscar tahun lalu didominasi oleh layanan streaming dengan CODA dari Apple TV+ memenangkan film terbaik dan Netflix mendapatkan 27 nominasi teratas. Maka pada tahun ini film yang menarik penonton bioskop ke multipleks setelah dua tahun pandemi menjadi pesaing teratas.

Adapun nominasi yang didapt Everything Everywhere All at Once, seperti Best Picture, Best Director, Best Lead Actress, Best Supporting Actor, Best Supporting Actress, Best Original Screenplay, Best Film Editing, Best Original Song, Best Costume Design, dan Best Original Score. (waf)

Baca juga:

'Everything Everywhere All at Once' Berjaya, ini Daftar Pemenang Critics’ Choice Awards 2023

#Film #Oscar
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan