Evakuasi Ratusan Turis Rinjani Terjebak Gempa, Kopassus Turun Tangan

Wisnu CiptoWisnu Cipto - Senin, 30 Juli 2018
Evakuasi Ratusan Turis Rinjani Terjebak Gempa, Kopassus Turun Tangan
Pasukan Koppasus. Foto: Antara

MerahPutih.com - Ratusan personel Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI Angkatan Darat turun tangan dalam proses mengevakuasi ratusan wisatawan yang terjebak di Gunung Rinjani, pascagempa di Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa, Minggu (29/7).

Ke-140 personel Kopassus yang tergabung dalam Satgas SAR Gunung Rinjani itu diberangkatkan ke Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB) menggunakan pesawat militer TNI Angkatan Udara dari Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (30/7). Dilansir Antara, upacara keberangkatan Satgas SAR Rinjani dipimpin Asops Panglima TNI Mayjen TNI Lodewjk Pusung.

Danau Segara Anak di Gunung Rinjani. Foto: Ist

Ratusan pendaki Gunung Rinjani di Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat diperkirakan masih terjebak di sekitar Danau Segara Anak, pascagempa 6,4 Skala Richter yang melanda Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa, akhir pekan lalu.

Kepala Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) Sudiyono mengatakan, jumlah pendaki yang masih berada di Gunung Rinjani pada Minggu (29/7) hingga pukul 15.00 Wita tercatat 333 pendaki.

Pihak Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR) beserta unsur pemerintah daerah setempat, TNI/Polri sepakat untuk membatalkan evakuasi menggunakan helikopter karena kondisi lokasi yang tidak memungkinkan.

Berdasarkan data dari Balai Taman nasional Gunung Rinjani (BTNGR), jumlah pendaki ke Gunung Rinjani tercatat 826 jiwa, baik wisatawan asing dan nusantara. Laporan dari BTNGR Resor Senaru sebanyak 115 orag wisatawan asing sudah turun di Senaru Kabupaten Lombok Utara.

Kerusakan akibat gempa Lombok Timur. Foto: Mora NTB

Hingga pukul 14.00 WIB, tercatat dampak gempa menyebabkan 13 orang meninggal dunia, 464 orang luka dan puluhan rumah rusak. Saat ini jalur pendakian ke Gunung Rinjani ditutup dan aparat masih melakukan pemantauan terhadap dampak longsor yang ada.

#Kopassus #Gempa #Gunung Rinjani
Bagikan
Ditulis Oleh

Wisnu Cipto

Bagikan