Piala Dunia 2018

Euforia Kemenangan Landa Warga dan Politisi Rusia

Eddy FloEddy Flo - Jumat, 15 Juni 2018
Euforia Kemenangan Landa Warga dan Politisi Rusia
Pemain Rusia Yury Gazinsky selebrasi setelah mencetak gol disaksikan pemain Arab Saudi Osama Hawsawi dan Abdullah Al-Mayoufdi Stadion Luzhniki, Moskow (ANTARA FOTO/REUTERS/Kai Pfaffenbach)

MerahPutih.Com - Kemenangan dengan skor telak Timnas Rusia atas Arab Saudi sontak membawa euforia bagi warga dan para politisi Rusia. Banyak warga Rusia yang mengelu-elukan Aleksandr Golovin dan kawan-kawan yang melumat Arab Saudi dengan skor 5-0.

Sejumlah politisi negara Beruang Merah itu lantas memuji penampilan para penggawa timnasnya kemudian mengaitkan dengan ekspresi gembira sang presiden Vladimir Putin.

Para fans dan politisi Rusia bergabung dalam luapan kegembiraan pada Kamis ketika negara tuan rumah itu secara tidak terduga mengalahkan Arab Saudi 5-0 dalam pertandingan pembukaan Piala Dunia.

Pemain Rusia dan Arab Saudi
Para pemain sebelum pertandingan antara Rusia melawan Arab Saudi pada ajang Piala Dunia 2018 di Stadion Luzhniki, Moskow, Rusia (ANTARA FOTO/REUTERS/Maxim Shemeto)

Televisi negara menunjukkan banyak orang Rusia di luar stadion utama Moskow bersorak-sorai mengibarkan bendera, tetapi sekaligus pula tertegun atas kemenangan itu karena tuan rumah adalah tim dengan peringkat FIFA terendah di turnamen.

"Kami hanya tidak menyangka," seru seorang pendukung Rusia yang mengenakan helm dan pakaian abad pertengahan mengatakan kepada TV negara bagian.

"Terima kasih, terima kasih kepada pelatih dan terima kasih (Presiden Vladimir) Putin untuk perayaan ini! Ini luar biasa." "Hari ini adalah tim nasional yang kita semua ingin lihat," kata Menteri Olahraga Pavel Kolobkov seperti dikutip kantor berita TASS.

"Putin juga kaget," saluran TV Rain menulis di media sosial, memposting foto presiden Rusia yang menonton pertandingan dari sebuah podium di tribun dengan tangan terangkat karena terkejut.

Presiden Rusia Vladimir Putin
Presiden Rusia Vladimir Putin menghadiri seremoni pembukaan Piala Dunia 2018 di Stadion Luzhniki, Moskow, Rusia, Kamis (14/6) (ANTARA FOTO/REUTERS/Christian Hartmann)

Sebagaimana dilansir Antara, kegembiraan publik itu disambut baik pemerintah Rusia yang pada Kamis mengumumkan akan menaikkan usia pensiun untuk pria dan wanita, keputusan tidak populer yang telah dihindari selama bertahun-tahun karena khawatir terjadi protes ketidakpuasan rakyat.

"Ini benar-benar keren," politisi oposisi Rusia Alexei Navalny, yang dibebaskan dari penjara sehari sebelumnya, menulis di media sosial.

"Saya tidak memiliki keraguan sebelum pertandingan, pertanyaannya hanya berapa yang akan menjadi skor," kata pembawa acara TV pada acara talk show langsung di Channel One seraya bersorak dari studio.(*)

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: Pelatih Arab Saudi Malu dan Pasrah Jika Dicopot Usai Piala Dunia Berakhir

#Vladimir Putin #Timnas Rusia #Arab Saudi
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan